Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat melibatkan petugas pemadam kebakaran (damkar) dalam melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan perumahan sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Semua (mobil damkar) kita kerahkan termasuk yang di sektor-sektor. Tapi yang sudah beraksi ada tujuh unit," ujar Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Ma'mur dihubungi di Bogor, Rabu. 

Menurutnya, tujuh unit mobil damkar yang difungsikan untuk menyemprot cairan disinfektan berasal dari Sektor Cibinong sebanyak tiga unit, Sektor Cileungsi dua unit, dan Sektor Ciomas dua unit.

Baca juga: 293 titik di Kota Bogor disemprot disinfektan

Ma'mur mengatakan penyemprotan disinfektan ke berbagai sarana dan praarana perumahan itu sudah dilakukan sejak Selasa (24/3), seperti di Perumahan Mutiara Sentul, Perumahan Natune Sentul, Perumahan Harmoni 3 Cileungsi, Perumahan Limus Paratama dan lain-lain.

"Jadwal hari ini penyemprotan Perumahan Kota Wisata dan Metland dilakukan oleh personel dari sektor Cileungsi. Kemudian Perumahan Ciomas dilakukan oleh personel sektor Ciomas," kata Ma'mur.

Ia menjelaskan air yang disemprotkan melalui tanki mobil damkar tidak 100 persen cairan disinfektan, melainkan campuran antara 3.000 air dengan tiga liter cairan disinfektan.

"Komposisi itu hasil rekomendasi dari Dinkes (Dinas Kesehatan) dan PMI (Palang Merah Indonesia)," jelasnya.

Baca juga: Kota Bogor terima 800 unit "rapid test" untuk deteksi corona

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020