Satuan Tugas Khusus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Purwakarta menyatakan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 di daerah tersebut mulai berkurang.

"Untuk pasien yang terkonfirmasi dinyatakan positif, alhamdulillah telah dinyatakan sembuh," kata Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Percepatan Penanganan Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana, di Purwakarta, Sabtu.

Baca juga: Lagi, pasien positif corona asal Purwakarta dinyatakan sembuh

Dikatakannya, hingga Sabtu siang, terdapat pengurangan yang cukup signifikan pada jumlah ODP dari 57 orang menjadi 20 orang yang tengah dalam proses. Sedangkan 37 orang lainnya telah dinyatakan selesai status ODP-nya.

Sementara, untuk PDP dari sembilan orang, satu dinyatakan selesai (PDP-nya) dan tersisa delapan orang yang masih dalam perawatan.

Baca juga: Sejumlah jalan di Purwakarta disterilkan disinfektan gunakan mobil damkar

Menurut dia, langkah-langkah lainnya juga tengah dilakukan jajaran Pemkab Purwakarta melalui satuan tugas tersebut diantaranya dengan mengajak masyarakat untuk melakukan social distancing dan diam di rumah untuk memutus penyebaran COVID-19.

"Upaya penyampaian informasi baik melalui media cetak, elektronik, maupun mobile dibantu oleh unsur TNI dan Polri," tuturnya.

Baca juga: Dinkes Purwakarta sanksi tegas toko alkes jual masker harga tinggi

Kemudian melakukan proaktif dari Labkes Dinkes untuk memeriksa Uji Swab Nasopharing bagi pasien PDP di Rumah sakit. Pihaknya juga telah membuka layanan Pusat Informasi COVID-19 di Ruang Jabang Tutuka Dinas Kesehatan.

"Diintruksikan, Puskesmas harus andil dalam desinfeksi rumah warga yang berstatus PDP," katanya. 

Baca juga: Pemkab Purwakarta tingkatkan kewaspadaan setelah seorang warganya positif corona

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020