Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang dilanda bencana banjir di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu.

Bantuan kebutuhan pokok masyarakat itu diserahkan Ketua Forkowas Aziz Abdullah kepada Camat Jatinangor Syarif Effendi untuk selanjutnya diserahkan kepada warga korban banjir yang membutuhkan bantuan tersebut.

Kepala Bidang Sosial Forkowas Ismail Edwin mengatakan, bantuan yang diberikan wartawan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang menjadi korban banjir pada 28 Februari 2020.

"Alhamdulillah dana dan sembako yang terkumpul telah diserahkan ke pihak kecamatan sebagai bentuk kepedulian awak media kepada korban banjir," tambahnya.

Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan itu merupakan hasil penggalangan yang dilakukan Forkowas bersama mitra kerja Forkowas di antaranya CV Gegar, PDAM Sumedang, Baznas, Satker Tol Cisumdawu, dan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Bantuan itu, kata dia berupa mi instan, beras, minuman ringan dan mineral dan jenis makanan lainnya yang sudah dikemas untuk dibagikan kepada korban banjir.

"Secara teknisnya bantuan akan diberikan untuk lima desa, khusus untuk Desa Padasuka kita akan serahkan secara simbolis dalam waktu dekat," ujar Ismail.

Ia menambahkan, wartawan cetak maupun elektronik yang bertugas di Sumedang tidak hanya bekerja mencari informasi melainkan membangun kepedulian terhadap orang yang terkena musibah.

Apalagi, lanjut dia warga yang menjadi korban banjir merupakan narasumber wartawan saat melaksanakan tugas jurnalistik dalam peliputan bencana banjir di Jatinangor.

"Wartawan tidak hanya bergerak di bidang informasi dan kontrol sosial, melainkan harus berjiwa sosial kepada warga dan itu komitmen Forkowas yakni hadir untuk masyarakat," ungkap Ismail.

Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar mengapresiasi kepedulian wartawan yang tergabung dalam Forkowas.

Kerja sama dengan media itu, kata dia ternyata tidak hanya dalam bidang pemberitaan saja, tetapi bisa di bidang sosial sebagai wujud peduli sesama.

"Luar biasa, kerja sama dengan awak media tampaknya tak hanya dalam bidang pemberitaan saja, tetapi ada dalam bidang sosial, insya Allah amanah ini akan kami sampaikan kepada warga yang terkena dampak," jelasnya.

Baca juga: Forkowas bangun kesadaran santri dalam menangkal hoaks di Sumedang

Baca juga: Banjir landa tiga kecamatan di Sumedang


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020