Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan Taman Air Mancur Berjoged atau Taman Sribaduga sudah menjadi objek wisata andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

”Taman air mancur ini menjadi penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke Purwakarta. Jadi sudah tentu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya, di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta mengalami peningkatan setiap tahun. Taman Air Mancur Sribaduga termasuk objek wisata yang menyumbang kunjungan wisatawan tertinggi.

“Kami merasakan, bagaimana perekonomian masyarakat menjadi lesu kalau tidak ada pertunjukan air mancur di kawasan Taman Air Mancur Sribaduga,” kata dia.

Anne mengaku saat ini pihaknya tengah merumuskan agar ketersediaan air di Situ Buleud bisa tetap terjaga. Sehingga pertunjukan air mancur bisa terus berlangsung setiap pekan.

“Kalau air mancur beroperasi, perekonomian masyarakat turut berkembang. Misalnya, melalui usaha mikro kecil dan menengah,” katanya.

Pada tahun ini, Anne menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerahnya mencapai 3 juta pengunjung. Target itu tidak jauh dengan realisasi kunjungan wisatawan pada 2019.

Pada tahun lalu jumlah wisatawan ke Purwakarta mencapai 2,8 juta pengunjung.

Baca juga: Kawasan industri baru akan dibangun di Purwakarta

Baca juga: Purwakarta akan tambah satu desa wisata baru
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020