PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, akan memperketat keamanan di stasiun maupun dalam kereta selama masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa..

"Kita menyiapkan 445 personel keamanan baik dari KAI maupun TNI dan Polri," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Jabar, Kamis.

Dia mengatakan personel keamanan yang disiapkan itu terdiri atas 121 personel polsuska, 218 personel satpam, 10 personel staf, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 96 personel termasuk K-9.

Personel keamanan tersebut, lanjut Luqman, akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun patroli di jalur KA dan objek-objek penting lainnya seperti depo lokomotif dan kereta.

"Petugas keamanan yang disiagakan ini upaya kita memberikan rasa aman bagi pengguna jasa," ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa angkutan Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 3 Cirebon, kata Luqman, telah menyiapkan 48 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, 174 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra dan 18 petugas posko daerah rawan.

Para petugas tersebut akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 3 Cirebon dan memantau apabila terjadi rintang jalan yang dapat menghambat perjalanan.

"Kami juga menyiapkan AMUS atau alat material untuk siaga berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir dan lainnya yang ditempatkan di 20 titik," katanya.

Baca juga: Masyarakat antusias rute KA Kaligung dari Semarang sampai Cirebon

Baca juga: PT KAI akan operasikan kereta api kelas ekonomi untuk Stasiun Garut-Cibatu

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019