Pengelola Stasiun Cianjur, Jawa Barat, melakukan pemasangan pagar pembatas di peron ring I untuk memberikan keamanan dan kenyamanan calon penumpang saat menunggu kereta serta melakukan sejumlah pengecekan jalur.

Kepala Stasiun KAI Cianjur, Dede Sulaiman saat dihubungi di Cinjur, Minggu, mengatakan dalam rangka menghadapi musim libur panjang natal dan tahun baru, berbagai upaya peningkatan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang secara rutin dilakukan.

"Tidak hanya pada saat libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru, berbagai peningkatan sarana dan fasilitas penunjang selalu dilakukan setiap bulan, termasuk pengecekan jalur kereta," katanya.

Namun yang terbaru dilakukan pihaknya memasang pagar pembatas di peron, agar calon penumpang merasa aman dan nyaman, sehingga tidak sembarangan melintas meskipun kereta belum masuk stasiun.

"Fungsi pagar pembatas tersebut, setidaknya dapat menggiatkan calon penumpang agar tidak sembarangan melintas dan mematuhi larangan batas berdiri sebelum naik kereta," katanya.

Sedangkan terkait lonjakan penumpang menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, pihaknya memprediksi akan mengalami lonjakan dibandingkan tahun sebelumnya dari 29.818 orang naik menjadi 39.594 orang.

"Berbagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat terjadi lonjakan penumpang pun selalu dilakukan termasuk memaksimalkan tenaga keamanan yang ada, meskipun tidak ada penambahan," katanya.

Ia menambahkan, terkait pengecekan jalur kereta sepanjang Ciranjang hingga Sukabumi dari setiap resort jalan rel dibagi beberapa orang seperti petak Cianjur-Cibeber, dibagi dua piket setiap hari yang dilakukan setiap pagi dan sore.

Sedangkan dari Cilaku sampai Cianjur satu orang setiap harinya dengan cara berjalan kaki untuk memastikan kelaikan rel sebelum dilalui kereta."Kalau hari libur, petugas dari masing-masing petak ditambah satu orang," katanya.

Untuk masalah yang terjadi di lintasan petugas tersebut, langsung berkoordinasi dengan PPKA dan atasan dari unit jalan rel. "Untuk masalah ringan langsung ditangani sendiri, untuk masalah memakan waktu lama ditangani secara beregu," katanya.

Baca juga: KAI Cirebon periksa sarana penunjang jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Longsor di jalur ganda tak ganggu perjalanan KA Bogor-Sukabumi

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019