Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan keberadaan PMI di tengah masyarakat sangat penting karena lembaga kemanusiaan ini selalu melayani masyarakat apabila dalam kesulitan.

"Jajaran dan sukarelawan PMI selalu ada untuk masyarakat yang sedang membutuhkan baik itu pada saat bencana, masalah sosial dan juga masalah-masalah lainnya," katanya dalam siaran pers di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 PMI, Selasa.

Baca juga: PMI Sukabumi jadi proyek pencontohan program kesiapsiagaan dan ketangguhan gempa

Menurutnya, PMI merupakan organisasi masyarakat yang membutuhkan kebersamaan. Oleh karena itu PMI harus tangguh maka negara akan kuat dan maju. Maka dirinya berharap mulai dari pengurus, staf, dan sukarelawan PMI bekerja untuk rakyat dengah hati yang ikhlas.

Tak lupa, dirinya yang juga merupakan Wakil Presiden RI mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh jajarannya yang telah mendedikasikan dirinya demi kemanusiaan.

Baca juga: PMI Cianjur latih 25 orang untuk spesialisasi pertolongan pertama

Di sisi lain, PMI dibentuk tidak lama setelah Indonesia merdeka. Bahkan setelah proklamasi 1945 tersebut tidak banyak organisasi serupa yang bisa bekerja dengan baik. Apalagi pada waktu itu, keberadaan lembaga kemanusiaan sangat penting.

"Dalam melaksanakan tugasnya PMI selalu memegang teguh kebersamaan tanpa membedakan pandangan politik, ras, budaya, agama dan lainnya. Siapun warga yang membutuhkan kami siap membantu," tambahnya.

Baca juga: PMI salurkan 16,3 juta liter air bagi korban kekeringan

JK pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendonor, baik yang menyumbangkan materiil maupun darahnya untuk kemaslahatan masyarakat umum. Sekali lagi ia menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya di HUT ke-74 PMI.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019