Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Cianjur mengerahkan 17 petugas untuk membersihkan area taman makam pahlawan di Jalan Siliwangi Cianjur menjelang peringatan ulang tahun kemerdekaan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pertamanan dan Permakaman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Cianjur Rizal Ramdani mengatakan area taman makam pahlawan akan menjadi tempat upacara malam pada 17 Agustus.

"Untuk membersihkan lingkungan taman makam pahlawan tersebut melibatkan 17 orang petugas kebersihan dan dilaksanakan dalam waktu dua hari. Taman makan pahlawan akan digunakan sebagai tempat upacara malam," kata Rizal di Cianjur, Jumat.

Petugas kebersihan memotong rumput, menyiram tanaman, melakukan pengecatan, serta memasang aksesori di area taman makam pahlawan.

Rizal mengatakan bahwa hampir semua kecamatan di Kabupaten Cianjur memiliki taman pahlawan, namun Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan hanya membawahi satu taman makam pahlawan, yakni yang berada di Jalan Siliwangi.

"Taman makam pahlawan yang ada di beberapa kecamatan, dirawat pihak kecamatan atau desa karena area permakamannya terletak di atas lahan milik kecamatan atau desa," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, pada 17 Agustus Forum Koordinasi Pemimpin Daerah Cianjur (Forkopimda) akan melaksanakan upacara tepat pukul 24.00 WIB.

"Semua unsur dari Forkopimda Cianjur akan mengikuti pelaksanaan upacara malam 17 Agustus di taman makam pahlawan Cianjur sebagai bentuk penghargaan bagi pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan," katanya.

Baca juga: Momentum HUT RI, DPRD Jabar ajak seluruh pihak bersatu

Baca juga: Ketua MPR apresiasi tema peringatan HUT ke-74 RI 'SDM Unggul, Indonesia Maju'


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019