Sebanyak 30 siswa terpilih dari sekolah menengah atas (SMA) di Jawa Barat mengikuti pelatihan jurnalistik dalam acara pembekalan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Bandung, Senin.

Head Departement Community Development PT Jasa Marga, Titi Purwantiningsih mengatakan bahwa materi jurnalistik yang berupa pelatihan menulis, fotografi dan video tersebut diberikan agar para siswa dapat memiliki kemampuan lebih untuk mengembangkan diri, bukan hanya mendapat materi formal di dalam kelas.

"Bukan hanya untuk kegiatan jurnalistik, menulis dan memotret juga penting untuk didapatkan para siswa, semua keahlian tersebut digali di sini," kata Titi di Bandung, Senin.

Tiga materi tersebut diberikan oleh tiga pewarta LKBN Antara biro Jawa Barat, diantaranya Ajat Sudrajat (pewarta Antara), Raisan Al Farisi dan Novrian Arbi (pewarta foto Antara). Mereka memberikan materi dasar kepada para siswa untuk membuat sebuah karya jurnalistik yang sederhana.

Selain itu, menurutnya materi tersebut bisa juga menjadi bekal para siswa SMN Jawa Barat yang akan bertolak ke Kalimantan Timur untuk mengenal budaya daerah tersebut dalam rangkaian acara BHUN 2019.

Lebih lanjut, kata dia, dalam kunjungan tersebut siswa akan lebih mengenal nusantara lebih nyata dari pada hanya mendapatkan materi di bangku sekolah. Kemudian para siswa juga akan mendapat pengetahuan dari para perusahaan BUMN sebagai penyokong pembangunan Indonesia.

"Jadi dalam kunjungan tersebut para siswa juga bisa mendokumentasikan perjalanannya dan budaya di sana (Kaltim) karena mereka juga harus membuat laporan setiap harinya untuk dirangkum," kata dia.

Dengan demikian ia berharap gelaran tersebut ke depannya dapat terus berlanjut. Selain itu para siswa juga yang telah mengenal nusantara dan bisa menceritakan apa yang ia dapatkan kepada para siswa lain di sekolah asalnya.

Rangkaian Program BUHN di Provinsi Jawa Barat ini diselenggarakan oleh PT Jasa Marga, Biofarma, PT LEN dan Perum Jasa Tirta II sebagai penyokong Kementerian Badan Usaha Dalam Negeri (BUMN).

Baca juga: Kementerian BUMN targetkan 100 BUMNShop di Sukabumi

Baca juga: Rini Soemarno: Pegawai BUMN agar bijak gunakan media sosial

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019