Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas pada Jalan Sukajadi, Jalan Cipaganti dan sejumlah jalan lainnya yang kerap mengalami kepadatan. Uji coba tersebut akan dimulai sejak tanggal 11 Juli 2019 mendatang.

Wakasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan uji coba tersebut penting untuk dilakukan sebelum langsung merekayasa. Nantinya, kata dia, sejumlah ruas jalan tersebut akan diberlakukan satu jalur.

"Kami coba lakukan rekayasa dengan mengubah jalur Sukajadi yang tadinya dua arah menjadi satu arah. nantinya jalan yang ke selatan bisa melalui Jalan Cipaganti dan Cihampelas," kata Bayu, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis.

Menurutnya, di ruas jalan yang kerap mengalami kepadatan, khususnya Jalan Sukajadi ada sejumlah pedagang kaki lima yang memenuhi badan jalan. Selain itu, kendaraan yang parkir di badan jalan dapat mengurangi kapasitas kawasan tersebut.

"Kawasan Pasir Kaliki sampai ke Sukajadi kecil sekali kapasitasnya, depan Rumah Sakit Hasan Sadikin ada tempat parkir, Sukajadi ke arah Lembang sebelah kanannya itu juga ada parkir," kata Bayu.

Kepala Seksi Manajemen Transportasi Dishub Kota Bandung, Sulthoni mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sarana transportasi umum yang akan terdampak.

Menurutnya, dengan rekayasa tersebut akan ada 11 trayek yang akan mengalami perubahan.

"Kemarin sudah kami bahas dengan koperasi, apakah dengan satu arah ini akan ke atas atau bagaimana, tapi prinsipnya mereka siap, nanti mereka juga uji coba," kata Sulthoni.

Berdasarkan sejumlah simulasi yang telah dilakukan, kata dia, rekayasa tersebut akan berhasil. Walaupun demikian, pihaknya perlu untuk melakukan uji coba penyempurnaan rekayasa tersebut.

"Kalau kita lihat dari simulasi, kemungkinan bisa dilaksanakan ya, jadi hanya saja kita lihat masih perlu dievaluasi untuk penyempurnaan, karena ada kemungkinan uji coba ulang," kata dia lagi.

Baca juga: Polisi Bandung ringkus 52 pelaku kejahatan selama dua pekan

Baca juga: Polisi tidak akan tolerir kendaraan yang parkir sembarangan di Kota Bandung

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019