Polri diminta terus tingkatkan SDM dan semakin dekat dengan rakyat

Polri diminta terus tingkatkan SDM dan semakin dekat dengan rakyat

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir menjadi inspektur upacara HUT ke-73 Bahayangkara, di Mapolda Banten, di Serang, Rabu (10/7/2019). (ANTARA/Mulyana)

Serang (ANTARA) - Masyarakat berharap pada usianya ke-73 jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi dan tantangan ke depan yang semakin berat.

"Yang paling penting adalah terus meningkatkan SDM jajaran Polri agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan saat ini serta tantangan dalam upaya menjaga keamanan yang semakin berat," kata KH Khozinul Asror, salah seorang tokoh agama di Banten, usai menghadiri HUT ke-73 Bhayangkara, di Mapolda Banten, Serang, Rabu.

Ia mengatakan, SDM yang kuat serta mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, maka Polri akan mampu serta siap menghadapi tantangan tugas yang semakin berat. Selain itu, Polri juga terus berupaya meningkatkan sinergi dan lebih dekat dengan masyarakat.

"Saya melihat selama ini khusus di jajaran Polda Banten, pendekatan dengan masyarakat, para tokoh dan pemuka agama semakin bagus. Ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan," kata KH Khozinul Asror yang juga Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Pandeglang.

Tokoh masyarakat Banten H Embay Mulya Syarief juga mengapresiasi atas keberhasilan Polri dan jajarannya dalam mengamankan berbagai event nasional maupun internasional sebagaimana disampaikan dalam amanat Presiden Joko Widodo dan sambutan Kapolri.

Ia berharap prestasi dan keberhasilan Polri dan jajaran terus ditingkatkan dalam upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat serta menjadikan Polri yang profesional, modern dan menjadi kebanggaan masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Kami masyarakat mengharapkan kepada Polri teruslah menjadi kebanggaan masyarakat bangsa dan negara. Sudah banyak keberhasilan yang dicapai, namun demikian perubahan terus berjalan, maka perlu terus melakukan penyempurnaan dan peningkatan SDM di jajaran Polri," kata Embay Mulya Syarief.

Mantan Kapolda Banten Brigjen (Purn) Rumiah juga mengapresiasi atas keberhasilan Polda Banten dan jajaran dalam mengungkap berbagai kejahatan khususnya di wilayah Polda Banten serta berhasil dalam pengamanan sejumlah kegiatan nasional maupun internasional. Sebagai purnawirawan Polri, ia berharap keberadaan Polri khususnya di wilayah Polda Banten akan semakin dicintai masyarakat dan bersatu dengan semua elemen masyarakat.

"Tentunya kita sebagai yang sudah purna mengharapkan keberadaan kepolisian di wilayah Banten akan semakin dicintai masyarakat dan semakin bersatu dengan seluruh 'stakeholder' bersama-sama membangun Provinsi Banten ini dengan baik," kata Rumiah.
Baca juga: DPRD Banten apresiasi Polisi awasi potensi kerugian proyek jagung

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir dalam upacara tersebut membacakan amanat Presiden Joko Widodo dalam HUT Bhayangkara tersebut, yakni Presiden memberikan lima instruksi kepada Kepolisian RI agar Polri terus meningkatkan kualitas SDM guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat. Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

"Perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial," kata Irjen Tomsi Tohir membacakan amanat Presiden Joko Widodo dalam upacara yang juga dihadiri Gubernur Banten Wahidin Halim.
 
Pewarta : Mulyana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019