Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menggelar acara halal bihalal dan pemberangkatan jamaah calon haji Kota Medan 1440 H, di lapangan Eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan.

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang bertajuk kepada bentuk silaturahim ini untuk mendoakan para jamaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Bersyukurlah kita yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, karena mungkin masih ada yang sudah lama menanti untuk bisa berangkat, tetapi belum diberi rezeki oleh Allah. Untuk itu sudah seharusnya kita bersyukur kepada Allah," katanya, Selasa

Pada kesempatan itu ia juga mendoakan para jemaah calon haji agar diberi kemudahan, kelancaran, serta kesehatan selama menjalankan ibadah suci di Makkah. "Kami berharap bapak dan ibu juga mendoakan kami dan tentunya seluruh masyarakat Kota Medan," ujarnya

Eldin juga berpesan kepada jamaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan, mengingat bahwa kondisi cuaca di Makkah sangat berbeda dengan Indonesia.

 
Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin menepung tawari jemaah calon haji (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)



"Perbanyaklah meminum air putih terutama air zamzam. Karena jika kondisi tubuh yang prima Insya Allah segala ibadah bisa lebih sempurna," tuturnya.

Acara halal bihalal tersebut diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Hasbi Al Mawardi Lubis, dilanjutkan dengan acara tepung tawar dan penyerahan cindera mata yang dilakukan secara simbolis oleh Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin kepada tiga orang calon haji mewakili seluruh calon haji.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Medan Hamzah Lubis, mewakili Danlanud Soewondo Kapten Taufik Kurniawan, mewakili Danyon Marinir I Belawan Kapten Yuda Bakti, mewakili Kejari Belawan Fahri, mewakili Kapolres Belawan AKP Justar Purba, para tokoh agama dan pimpinan ormas islam.*


Baca juga: Kondisi fisik bagus mesti dimiliki PPIH selama proses haji

Baca juga: Menjadi rujukan regional ditargetkan Rumah Sakit Haji Medan

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019