Jadwal babak 16 besar, Maroko vs Benin jadi laga pembuka

Jadwal babak 16 besar, Maroko vs Benin jadi laga pembuka

Bagan babak gugur hingga final Piala Afrika 2019. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Rangkaian pertandingan putaran final Piala Afrika 2016 bakal libur selama dua hari ke depan sebelum dilanjutkan dengan babak 16 besar yang bakal dibuka dengan pertandingan antara Maroko vs Benin pada Jumat (5/7) malam WIB.

Benin, untuk pertama kalinya melewati fase grup, lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup F bakal menghadapi tim kuat jawara Grup D, Maroko, di Stadion Al Salam, Kairo, Mesir.

Maroko, juara edisi 1976, mungkin akan mengakhiri mimpi indah Benin untuk menajamkan catatan terbaik mereka di putaran final Piala Afrika.

Sekitar satu jam selepas pertandingan itu berakhir, Uganda dan Senegal akan berhadapan di Stadion Internasional Kairo pada Sabtu (6/7) dini hari WIB.

Uganda lolos sebagai runner-up Grup A, sedangkan Senegal yang sempat dijagokan sebelum turnamen dimulai terseok-seok dan hanya menempati peringkat kedua Grup C.

Juara bertahan Kamerun yang gagal menang lawan Benin dan akhirnya cuma jadi runner-up Grup F bakal menghadapi tantangan berupa Nigeria, yang jadi korban kejutan dari tim debutan Madagaskar di Grup B, akan bertanding pada Sabtu (6/7) malam WIB di Stadion Alexandria.

Baca juga: Benin cetak sejarah, imbangi Kamerun demi lolos 16 besar

Kemudian pada Minggu (7/7) dini hari WIB, giliran tuan rumah Mesir menjamu Afrika Selatan di Stadion Internasional Kairo.

Mesir tampil dengan catatan sempurna memuncaki Grup A, sedangkan Afsel butuh bantuan hasil Grup E dan F untuk bisa lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup D.

Selanjutnya, tim kejutan Madagaskar yang menjuarai Grup B bakal berupaya melanjutkan "Lakon Upik Abu" mereka saat menghadapi peringkat ketiga Grup A Republik Demokratik Kongo di Stadion Alexandria pada Minggu (7/7) malam WIB.

Aljazair bakal berhadapan dengan Guinea yang butuh empat poin, raihan terbanyak di antara peringkat ketiga lainnya, untuk bisa lolos ke babak 16 besar dari Grup B di Stadion 30 Juni, Kairo, pada Senin (8/7) dini hari WIB

Baca juga: Imbangi Mauritania tanpa gol cukup antarkan Tunisia ke 16 besar

Sempat diprediksi bakal kesulitan menghadapi Senegal yang lebih diunggulkan, Aljazair justru merajai Grup C dengan catatan sebagai satu dari tiga tim yang menyapu bersih kemenangan fase grup.

Hari terakhir babak 16 besar akan mempertemukan Mali kontra Pantai Gading dan Ghana versus Tunisia.

Mali yang menjuarai Grup E bakal bertemu Pantai Gading yang sukses memperbaiki catatan dua tahun lalu dengan lolos dari Grup D sebagai runner-up di Stadion Suez pada Senin (8/7) malam WIB.

Sejam kemudian, laga antara jawara Grup F Ghana melawan runner-up Grup E bakal menutup rangkaian 16 besar pada Selasa (9/7) dini hari WIB.

Baca juga: Afsel ketiban "pulung" hasil Grup E, lolos ke 16 besar

Berikut jadwal pertandingan babak 16 besar (dalam WIB):

Jumat (5/7) Maroko vs Benin
Sabtu (6/7) Uganda vs Senegal
Sabtu (6/7) Nigeria vs Kamerun
Minggu (7/7) Mesir vs Afrika Selatan
Minggu (7/7) Madagaskar vs Republik Demokratik Kongo
Senin (8/7) Aljazair vs Guinea
Senin (8/7) Mali vs Pantai Gading
Selasa (9/7) Ghana vs Tunisia

Baca juga: Ringkasan Grup A, kesempurnaan "Pasukan Firaun"

Baca juga: Ringkasan Grup B, kejutan Lakon Upik Abu ala Madagaskar

Baca juga: Ringkasan Grup C, Aljazair membantah prediksi

Baca juga: Ringkasan Grup D, Singa Atlas sempurna tapi minim gol

Baca juga: Ringkasan Grup E, Mali pupuk mimpi kecil jadi yang terbesar

Baca juga: Ringkasan Grup F, juara bertahan tak meyakinkan
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019