Longsor terjadi di lintas nasional Gle Pulot Aceh Besar

Longsor terjadi di lintas nasional Gle Pulot Aceh Besar

Petugas berjaga-jaga di lintas nasional Banda Aceh - Meulaboh tepatnya di Gle Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, pascalongsor, Sabtu (8/6) (Foto : Ist)

Banda Aceh (ANTARA) - Lintas nasional Banda Aceh-Meulaboh tepatnya di kilometer 25, Gle Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar mengalami longsor akibat hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat pada Sabtu.

"Tadi siang sekitar pukul 13:40 Wib tebing Gle Pulot longsor dan tidak ada korban jiwa. Longsor ini dampak dari hujan deras sejak dua hari terakhir dan saat ini sudah kembali normal," kata Petugas Piket Pusdalops PB BPBA, Yusriadi di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menyampaikan, petugas gabungan sedang melaksanakan tugas pengamanan pada pos Opera Ketupat Rencong 2019 di Pos Lam Seunia langsung melakukan pembersihan secara manual di lokasi kejadian sehingga arus transportasi pada lintasan tersebut tetap normal dan berjalan lancar.

"Syukur Alhamdulillah sekarang arus lalulintas sudah kembali normal di lintas nasional barat Aceh. Kondisi cuaca dan intensitas hujan juga sudah mulai menurun," ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) juga mengingatkan pengguna jalan yang sedang melintas maupun masyarakat yang sedang melaksanakan kunjungan dan arus balik lebaran tetap harus hati hati dan selalu waspada," pesan dia.

Penanganan longsoran tersebut katanya, melibatkan petugas gabungan dari, TNI (koramil setempat), Polisi (polsek setempat), BPBD, Dishub, RAPI, dan instansi terkait lainnya terus melakukan pemantauan dan pengaman di beberapa titik yang rawan longsor.

Selama arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah hingga arus balik Pusdalops PB BPBA bersama BPBD kabupaten/kota se-Aceh dan pihak terkait lainnya melakukan pemantauan lokasi rawan bencana dan pengaman di 23 kabupaten/kota se- Provinsi Aceh.
Pewarta : Irman Yusuf
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019