Wujudkan mudik aman, Pemkot-Polresta Denpasar bekerja sama

Wujudkan mudik aman, Pemkot-Polresta Denpasar bekerja sama

Ilustrasi: Inspeksi Bus Antarprovinsi Petugas Dinas Perhubungan dan Polisi memeriksa kelayakan bus angkutan antarprovinsi saat inspeksi untuk persiapan armada angkutan Lebaran 2017 di Terminal Ubung, Denpasar, Selasa (6/6/2017). Inspeksi yang melibatkan berbagai unsur instansi tersebut menemukan sejumlah bus yang tidak layak digunakan karena kerusakan pada peralatannya. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Denpasar (ANTARA) - Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra bekerja sama dengan Kapolresta Denpasar, AKBP Ruddi Setiawan beserta jajarannya untuk mewujudkan jalur mudik Lebaran aman di jalur Denpasar-Jawa.

"Tidak hanya arus lalu lintas mudik aja yang mendapatkan perhatian, tapi juga menyangkut masalah keamanan dan semuanya, termasuk juga kesehatan, yang telah disediakan d isini," Kata Wali Kota Denpasar, Rai Mantra, di Posko Angkutan Lebaran 2019 di Terminal Ubung, Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan semuanya dapat dikoordinasikan dengan pihak yang bertugas di Terminal Ubung ini dan tentu diharapkan agar masyarakat dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dan disiplin.

Wali Kota Denpasar juga turut meninjau para sopir yang melakukan tes kesehatan agar dapat menunaikan tugas secara optimal dan dalam keadaan sehat.

Untuk potensi dari kerawanan jalur mudik, Kapolresta Denpasar, AKBP Ruddi Setiawan, menilai hingga saat ini Bali, khususnya Denpasar, masih dalam kondisi aman.

"Denpasar khususnya sampai sekarang ini masih dalam kondisi aman, nyaman dan damai, apalagi melihat wilayah Bali ini sudah mulai kedatangan wisatawan asing dan lokal, dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat untuk sama - sama menjaga wilayah kita," katanya.

Dalam pengamanan untuk merespons  membludaknya arus mudik Lebaran 2019, pihak Satlantas Denpasar juga mengantisipasi dengan melakukan rapat bersama Dinas Perhubungan, untuk memantau beberapa titik, yaitu di Jalan Maruti, kemudian penambahan personel juga dilakukan di daerah HOS Cokroaminoto dan di simpang A. Yani guna memberikan pengarahan di simpang berikutnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Ketut Sriawan menambahkan tiga pos pantau yang mulai dioperasikan, diantaranya daerah Umanyar, Gajah Mada, termasuk juga di daerah Titi Banda untuk mengantisipasi pergerakan pemudik yang berdatangan dari timur seperti Mataram, Jawa menuju Bali.

Dalam mengoptimalkan arus mudik lebaran tahun ini, beberapa pihak yang juga bekerja sama dengan Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan semua pemangku kepentingan untuk menjamin keselamatan para pemudik.

"Imbauan untuk masyarakat, lihat rambu - rambu lalu lintasnya, karena saat ini sudah mulai terpasang, dan budayakan tertib berlalu lintas, jadi keselamatan kita juga menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Ketut Sriawan.

Baca juga: Dinkes Denpasar siagakan ratusan tenaga medis layani mudik Lebaran

Baca juga: Bis antar kota masih disiagakan di Terminal Bis Ubung

Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019