Prabowo-Sandi unggul di Kota Bandung setelah disahkan KPU Jabar

Prabowo-Sandi unggul di Kota Bandung setelah disahkan KPU Jabar

Kotak suara dibuka saat rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Sabtu (11/5/2019). (Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung telah menyampaikan hasil rekapitulasi suaranya pada rapat pleno KPU Jawa Barat yang perolehan suara terbanyaknya didapatkan oleh pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandi.

"Untuk hasil kita sudah tidak ada masalah, dari bawah mulai pleno tingkat kecamatan, kota dan sekarang provinsi hasilnya tidak ada keberatan dari semua saksi," kata Ketua KPU Kota Bandung, Suharti di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Sabtu.

Di Kota Bandung pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 867.945 suara. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat 621.969 suara.

Suharti menyebutkan hasil rekapitulasi tersebut telah disahkan oleh pimpinan rapat pleno KPU Jawa Barat. Selain itu hasil rekapitulasi untuk berbagai jenis calon legislatif juga telah disahkan.

"Suara Pileg dan Pilpres tidak ada masalah dan sudah disahkan," kata dia.

Ia mengatakan untuk Kota Bandung memang ada sedikit masalah terkait data pemilih seperti kebanyakan daerah lainnya di Jawa Barat. Namun menurutnya itu tidak berpengaruh terhadap hasil perolehan suara para calon.

"Karena kan data pemilih sudah ditetapkan, tetapi di tanggal 9 April ada surat edaran KPU RI, untuk DPK (dafta pemilih khusus) harus dikeluarkan kembali sehingga pencatatan agak bermasalah," katanya.

Sementara itu, Kota Bandung merupakan daerah ke-22 yang telah menyampaikan suaranya. Hingga kini proses rekapitulasi suara masih disampaikan oleh lima daerah tersisa dari total 27 kabupaten dan kota.

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019