Dompet Dhuafa Grebek kampung di Desa Rabag-Rumpin, Kabupaten Bogor

Dompet Dhuafa Grebek kampung di Desa Rabag-Rumpin, Kabupaten Bogor

Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa Jawa Barat menghadirkan mobil Care A Van sebagai sarana untuk membagikan makanan berbuka bagi sesama. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa mengadakan program Grebek Kampung sebagai salah satu bentuk upaya gotong royong dan saling berbagi kepada sesama umat beragama saat Ramadhan yang dimulai di Desa Rabag-Rumpin, Kabupaten Bogor.

"Kami mengadakan 114 Grebek Kampung di seluruh Indonesia. Grebek Kampung di Desa Rabag-Rumpin ini merupakan 'kick-off'-nya," kata Ketua Program Ramadhan 1440 H Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Haryo mengatakan Desa Rabag-Rumpin, Kecamatan Parung dipilih karena hanya berjarak satu jam perjalanan saja dari Jakarta, tetapi lokasinya cukup terpencil dan di pelosok.

Kehidupan masyarakatnya pun masih sangat tradisional. Haryo menyontohkan masjid desa yang belum menggunakan pengeras suara untuk mengumandangkan adzan.

"Kegiatan ini untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf serta dana halal lain dan legal baik dari perorangan, kelompok, maupun perusahaan atau lembaga," ujarnya.

Haryo mengatakan 114 kampung di seluruh Indonesia yang akan menjadi lokasi Grebek Kampung telah dipilih oleh Dompet Dhuafa yang kebanyakan masyarakatnya adalah para penerima zakat atau mustahik.

Berbagai kegiatan  dalam memeriahkan Grebek kampung yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa antara lain Kegiatan Aksi Layanan Sehat Gratis, Layanan Cukur Gratis, ngecat Bareng Musholla, Belajar Bela Diri, Lomba Anak Kreatif, Lomba Anak Sholeh, Story Telling, Safari Dakwah, Dapur Keliling,Berbuka Bersama, Pasar Berkah, dan Santunan Yatim dari berbagai komunitas.

Salah satu bentuk gotonng royong yang dilakukan dalam Grebek Kampung yaitu para perempuan di lokasi akan memasak bersama makanan untuk berbuka puasa bersama untuk dimakan bersama masyarakat sekitar. (T.D018)
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019