Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang difungsionalkan setengah hari

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang difungsionalkan setengah hari

Kondisi sebagian jalan Tol Pematang Panggang, Lampung, Sabtu (11/5/2019). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Lampung (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri bakal membuka Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang, Lampung secara fungsional untuk setengah hari dari pukul 06.00-18.00 pada musim mudik Lebaran 1440 Hijriyah.

Ia merinci tol tersebut mulai dari kilometer 140 hingga kilometer 238 Tol Trans Sumatera. Tol akan difungsikan dua arah.

"Akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 18.00," kata Irjen Refdi di Rest Area 234 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung, Sabtu.

Tol tersebut berdampingan dengan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di kilometer 0-140 yang kini sudah operasional 24 jam.

Sementara dari Tol Pematang Panggang hingga Kayu Agung akan difungsionalkan satu arah selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kami siapkan semua rambu-rambu (lalu lintas) yang diperlukan," katanya.

Di lokasi yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menambahkan dari Tol Kayu Agung hingga Palembang juga bakal difungsionalkan untuk keperluan pemudik.

"Jadi jalur ini (Bakauheni) sampai Palembang fungsional. (Beton) sudah rigid, tapi (masih kurang) lampu jalan, rambu lalu lintas, rest area. Makanya belum operasional tapi fungsional," katanya.

Basuki mengatakan semua pekerjaan jalan Tol Trans Sumatera akan dihentikan pada H-10 Lebaran dan akan dimulai kembali pengerjaannya pada H+10 Lebaran.

Pihaknya berharap dengan beroperasionalnya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan difungsionalkannya Tol Terbanggi Besar hingga Palembang bisa membantu memperlancar kepulangan pemudik menuju kampung halaman.

"Mudah-mudahan dengan fungsionalnya tol bisa membantu masyarakat mudik dengan lebih baik," katanya. 

Baca juga: Kakorlantas Polri-dua menteri tinjau Tol Terbanggi-Pematang Panggang
Baca juga: Kakorlantas cek kelayakan Tol Terbanggi Besar bagi pemudik
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019