Kalahkan China, Jepang juarai Womens Softball Asia Cup 2019

Kalahkan China, Jepang juarai Womens Softball Asia Cup 2019

Tim nasional (timnas) sofbol putri Jepang berhasil menjuarai ajang Womens Softball Asia Cup 2019 di Stadion Sofbol, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2018), setelah di final mengalahkan timnas China dengan skor akhir 9-2 (Antara/Arindra Meodia).

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional (timnas) sofbol putri Jepang berhasil menjuarai ajang Womens Softball Asia Cup 2019 di Stadion Sofbol, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa setelah di final mengalahkan China dengan skor akhir 9-2.

“Pemain kami dan pemain lawan bisa berjuang di suasana panas seperti ini dan kami bisa memberikan performa yang cukup bagus,” kata pelatih kepala timnas Jepang Reika Utsugi kepada Antara seusai pertandingan.

Utsugi juga mengaku cukup puas dengan hasil pertandingan kali ini yang diikuti oleh peserta dari sepuluh negara itu.

Dalam pertandingan yang berlangsung sebanyak enam inning tersebut, Jepang sejak awal memimpin pertandingan. Pada inning pertama, Jepang unggul dengan skor 3-0.

China melakukan perlawanan, mencetak satu angka pada inning ketiga melalui pukulan dari Kailin Xi. Skor bertahan 3-1 hingga akhir inning keempat.

Pada inning kelima, Jepang kembali berhasil menambah skor menjadi 5-1. Pertandingan berlangsung sengit pada inning keenam, China berhasil menambah angka dengan skor 5-2.

Seakan tak mau kalah, Jepang kembali melakukan perlawanan lewat pukulan Mayuku Okuda yang mengubah skor menjadi 6-2.

China akhirnya takluk di tangan Jepang saat batter (pemukul) Jepang bernomor punggung 11, Eri Yamada, berhasil melakukan home run yang membuat skor menjadi 9-2.

Meski begitu, Utsugi, mengakui kehebatan performa tim China.

“Lawan kami hari ini cukup kuat. Yang paling diwaspadai pitcher (pelempar) karena pitcher baru berusia 18 tahun, masih muda, dan masih memupuk pengalaman dari pertandingan ini,” kata Utsugi.

Usai membawa pulang medali emas dalam ajang Womens Softball Asia Cup 2019, timnas Jepang akan bersiap untuk mengikuti pertandingan kualifikasi Olimpiade 2020 di China.

“Walaupun kami tidak bisa mengadakan training camp, tapi masing-masing pemain masih bisa melakukan pelatihan sendiri dan training sendiri untuk meningkatkan kemampuan mereka dan ketika berkumpul mereka saling evaluasi diri untuk meningkatkan kerjasama,” kata Utsugi menjelaskan.

Womens Softball Asia Cup 2019 yang digelar di Lapangan Softball, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 1-7 Mei diikuti sepuluh negara yakni Indonesia, Hong Kong, Jepang, Thailand, Filipina, Singapura, China, Taiwan, India, dan Korea.

Jepang berhasil menggondol emas, sementara China dan Taiwan berhasil membawa pulang masing-masing perak dan perunggu. Sementara itu, tuan rumah Indonesia berada pada peringkat keenam.

Baca juga: Taklukkan Filipina, Taiwan posisi tiga Sofbol Asia Cup

Baca juga: Tim sofbol putri tundukkan Thailand pada perebutan posisi lima-enam
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019