Polres antisipasi penumpukan kendaraan di jembatan Kretek

Polres antisipasi penumpukan kendaraan di jembatan Kretek

Wisata Pantai Parangtritis Wisatawan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Kamis (9/4). Pantai Parantritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai andalan Kota Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengantisipasi penumpukan kendaraan terutama arus wisatawan dalam waktu yang lama di jembatan Kretek, Kabupaten Bantul selama libur Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Bantul Kompol Jan Benjamin di Bantul, Jumat, mengatakan ruas jalan yang berpotensi dipadati kendaraan saat libur Lebaran yaitu Jalan Parangtritis terutama arah Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis.

"Yang kita jaga adalah keamanan jembatan Kretek, jangan sampai ada kendaraan-kendaraan besar yang kemudian stagnasi atau berhenti di atas jembatan dalam waktu yang cukup lama," kata Kabag Ops.

Baca juga: Yogyakarta siapkan alternatif pengalihan arus jalan Parangtritis saat Lebaran

Jembatan Kretek di wilayah Kecamatan Kretek itu berada di beberapa kilometer sebelah utara TPR Pantai Parangtritis atau gerbang masuk kawasan wisata, sehingga ketika ada antrean wisatawan, maka berpotensi mengular sampai jembatan di atas aliran Sungai Opak itu.

"Pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya kemacetan itu terjadi mulai dari Pasar Angkruksari kemudian ke selatan sampai Jembatan hingga TPR, makanya perlu kita antisipasi," katanya.

Menurut dia, antisipasi penumpukan kendaraan besar di atas Jembatan Kretek dilakukan dengan mengalihkan arus kendaraan dari utara ke arah Sempalan Pundong ke timur, untuk kemudian memutar sampai simpang tiga selatan jembatan.

"Ada petugas kita yang berada di Sempalan Pundong untuk mengalihkan arus wisatawan jika terjadi antrean panjang di TPR, setidaknya rekayasa lalu lintas ini bisa meminimalkan berhentinya kendaraan di atas jembatan Kretek," katanya.

Menurut dia, dalam pengaturan dan pengendalian arus lalu lintas di jalur rawan kemacetan termasuk Jalan Parangtritis itu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan relawan setempat, sebab di jalur tersebut juga berdiri pos pantau dalam rangka pengamanan Lebaran 2018.

"Dan secara umum dalam rangka pengamanan arus mudik dan libur Lebaran 2018, kami mengerahkan sekitar 450 personel dari polres jajaran dan polsek (kepolisian sektor) jajaran di seluruh Bantul," katanya.

Baca juga: Dishub Bantul cegah penumpukan kendaraan di Jembatan Kretek
Pewarta : Hery Sidik
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018