Brebes, Jawa Tengah (ANTARA News) - Kemacetan panjang hingga belasan kilometer terjadi dari arah Karangsawah, Brebes, sampai fly over (FO) Klonengan, Prupuk, Kabupaten Tegal.

Petugas jaga dari Dishub Provinsi Jawa Tengah Joko Susanto di Pospam 11 Karangsawah, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Rabu, mengatakan kemacetan yang terjadi merupakan imbas dari lintasan kereta api Karangsawah.

"Ini imbas lintasan kereta api Karangsawah yang setiap 10 menit dilalui kereta rel ganda jalur utara dan selatan," katanya.

Selain itu antrean kendaraan yang mengular tersebut juga disebabkan karena volume kendaraan yang sejak Rabu siang mulai meningkat.

Kondisi itu menimbulkan kemacetan hingga sepanjang 15 km dari Pospam Karangsawah Brebes sampai fly over Klonengan Prupuk Kabupaten Tegal hingga Rabu sore.

"Pekerjaan underpass yang sedang dilakukan diharapkan nantinya bisa mengurangi kemacetan seperti ini," katanya.

Perwira jaga Pospam 11 Karangsawah, Tonjong, Kabupaten Brebes Aipda Hery Aktikudin menambahkan untuk memperlancar arus mudik beberapa rekayasa lalu lintas dilakukan.

"Jalur dari selatan wilayah Balaikambang yang mau ke utara ke Pejagan ditutup tepat di tikungan Balaikambang atau di perbatasan Bumiayu. Jalur ini diprioritaskan untuk kendaraan yang dari utara menuju ke Purwokerto," ujarnya.

Rabu siang hingga dini hari diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik di wilayah Pejagan, Brebes, dan sekitarnya.

Baca juga: Jalur Pantura Tegal didominasi pemudik bersepeda motor

Baca juga: Jalur Prupuk Brebes mulai macet dipadati pemudik

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018