Washington (ANTARA News) - Taliban aktif di 70 persen distrik di Afghanistan, menguasai 4 persen wilayah negara itu, dan memperlihatkan kehadiran fisik terbuka di 66 persen wilayah Afghan lainnya, simpul penelitian BBC seperti dikutip Reuters.

Taksiran BBC berdasarkan wawancara dengan sekitar 1.200 sumber lokal di semua distrik di negara Asia Selatan itu dan angka itu jauh lebih tinggi dari penaksiran koalisi pimpinan NATO mengenai kehadiran Taliban.

Koalisi NATO sendiri mengatakan Taliban hanya aktif di 44 pesen distrik di Afghan, per Oktober 2017.

Afghanistan dalam sembilan hari ini diguncang kekerasan yang mendorong strategi yang lebih agresif dalam mendukung pasukan Afghan memerangi Taliban pada perang yang sudah memakan waktu 16 tahun itu.

Baca juga: Afghanistan: Taliban harus dikalahkan di medan perang

Sebuah bom yang disembunyikan dalam ambulans menerjang pusat kota Kabul untuk menewaskan sekitar 100 orang yang terjadi hampir satu pekan setelah serangan ke Hotel Intercontinental, yang juga berada di Kabul, yang menewaskan sekitar 20 orang, termasuk empat warga AS.

Hasil penelitian BBC menyebutkan bahwa pemerintah Afghan menguasai 122 distrik atau sekitar 30 persen wilayah negara itu. Dan menurut BBC, ke-122 distrik itu pun tidak bebas dari serangan Taliban.

"Kabul dan kota-kota besar lainnya, misalnya, menderita serangan besar yang dilancarkan dari daerah-daerah terdekat, atau oleh sel-sel tidur, selama periode riset, baik sebelum maupun setelahnya," tulis BBC.

BBC juga menyebutkan ISIS hadir di 30 distrik namun tidak sepenuhnya menguasai daerah-daerah ini.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018