Singapura (ANTARA News) - Tikungan 18 Sirkuit Marina Bay Singapura memerah seiring dimulainya latihan bebas pertama (FP1) balapan Formula 1, Jumat, dan salah satu pebalap Indonesia Sean Gelael terlibat langsung bersama dengan tim Toro Rosso.

Mereka yang menggunakan kostum merah ini ternyata orang Indonesia yang secara khusus datang ke Singapura untuk melihat secara langsung balapan jet darat yang melakukan latihan bebas pertama.

Selain menggunakan kostum khusus, mereka juga membawa bendera Indonesia.

Penyanyi Elfonda "Once" Mekel (kiri) melayani ajakan berfoto dari penggemarnya di sela-sela menyaksikan sesi latihan bebas pertama balapan Formula 1 GP Singapura, di tribun penonton di tingkungan 18 Sirkuit Marina Bay Singapura, Jumat (15/9/2017). (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Dari ratusan penonton yang menggunakan kostum merah, terdapat sosok artis penyanyi Elfonda Mekel atau yang akrab dipanggil Once. Mantan vokalis grup band Dewa 19 itu terlihat serius mengamati balapan dari Bay Grandstand yang berhadapan langsung dengan Marina Bay.

"Saya memang suka nonton F1. Kebetulan hari ini ada Sean juga. Jadi sekalian memberikan dukungan," kata Once yang juga sempat menjadi perhatian masyarakat Indonesia yang kebetulan hadir di Sirkuit Marina Bay.

Once berharap Sean bisa menunjukkan performa terbaik meski baru turun dilatihan bebas pertama. Hal ini terjadi karena anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini adalah satu-satunya pebalap Indonesia yang berkecimpung di balapan formula.

"Harapan saya Sean bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata pelantun lagu Dealova itu.

Sementara itu dari Sirkuit Marina Bay, para pebalap mulai mengitari sirkuit yang dibangun diatas tanah reklamasi ini. Secara berurutan mereka keluar dari pit seperti pebalap dari tim Ferrari, tim Mercedez, Red Bull, William, Hass hingga Toro Rosso yang diperkuat Sean Gelael.

Suasana tribun penonton di tingkungan 18 Sirkuit Marina Bay Singapura pada sesi latihan bebas pertama balapan Formula 1 GP Singapura, Jumat (15/9/2017). (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Kibaran bendera Merah Putih mulai terlihat saat kendaraan dengan nomor 38 melintas tikungan 18. Kondisi tersebut terus dilakukan sepanjang pebalap menjalani latihan bebas pertama. Bendera besar ferrari juga nampak di tikungan yang cukup tajam itu.

Bagi Sean, GP Singapura cukup asing karena baru pertama kali turun. Khusus untuk FP1 bersama Toro Rosso juga yang pertama. Setelah Singapura, pebalap yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia itu akan turun di FP1 Malaysia, Amerika Serikat dan Meksiko.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017