Pekalongan (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Pekalongan, Jawa Tengah menyiapkan enam pos pengamanan Lebaran 2017 dan pos payung yang akan didirikan di sejumlah titik rawan macet.

Kepala Polresta Pekalongan AKBP Enriko Sugiharto Silalahi di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa enam pospam akan ditempatkan di Pos Polisi Pacar Tirto, kawasan Monumen Juang, Jalan Dr. Cipto, depan Mal Ramayana, Jalan Sutomo, dan Terminal Bus.

"Adapun untuk pos payung akan kami tempatkan di sepanjang jalur utama pantai utara dan jalur alternatif," katanya.

Ia mengatakan Polresta segera melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait dan survai pada jalur yang akan dilintasi arus mudik Lebaran 2017.

"Yang jelas, pada pengamanan arus mudik Lebaran 2017 ini, kami akan menyiagakan ratusan personil untuk di tempat pada sejumlah titik rawan kemacetan, tindak kejahatan maupun keramaian," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah titik rawan macet antara lain berada di jalur pantura lampu pengatur lalu lintas Grogolan, Ponolawen, Simpang Pusri, dan perlintasan kereta api (KA) yang berada di Jalan KH Mansyur.

"Kendati demikian, pada titik rawan macet ini akan kami siagakan petugas untuk mengatur maupun mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan," katanya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat mengatakan pemkot segera akan menambah satu titik yang terkoneksi Area Traffic Control System (ATCS), yaitu lampu pengatur lalu lintas di persimpangan Jalan Dr. Cipto dan Jalan Agus Salim.

"Saat ini, pemasangan ATCS masih dalam tahap pondasi bangunan dan kami targetkan pada H-7 Lebaran 2017 sudah dapat dioperasikan," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017