Los Angeles (ANTARA News) - Bubbles, paus pilot betina di SeaWorld San Diego, Kalifornia, yang diyakini sebagai binatang tertua dalam spesiesnya di taman maritim itu.

Dalam kabar di dalam jaringannya, SeaWorld Entertainment Inc mengatakan, Bubbles berusia pertengahan 50 tahun dan telah berada di sana hampir 30 tahun.

"SeaWorld San Diego berduka untuk mengumumkan kepergian salah satu binatang paling dicintai dunia, Bubbles si paus pilot," tulis perusahaan tersebut dalam laman resmi.

Proses pembedahan mayat akan dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian. Perusahaan yang mengoperasikan taman laut di San Diego, San Antonio, Texas dan Orlando, Florida tidak mengemukakan sebab paus itu mati.

Paus pilot (Globicephala melas dan Globicephala macrorhyncus) yang punya kepala bundar dan garis mulut melengkung ke atas menyerupai senyuman, masuk dalam keluarga lumba-lumba dan lebih kecil dari orca (Orcinus orca), atau paus pembunuh.

Dengan berat sekitar 1.360 kg dan panjang 5 meter, Bubbles adalah bintang SeaWorld. Dia dikenal karena kemampuannya melompat dari air dan berputar dalam kecepatan tinggi.

SeaWorld telah diawasi secara ketat oleh publik atas binatang laut yang dipamerkan untuk umum, terutama paus pembunuh.

Pada Maret, perusahaan itu mengatakan akan berhenti mengembangbiakan paus pembunuh dalam sangkar, namun mereka masih membuat pertunjukan dengan orca di tiga tempat, demikian seperti dilansir dari Reuters. 

Penerjemah: Nanien yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016