Makassar (ANTARA) - Prajurit Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut HUT Ke-77 TNI.

Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Amir Kasman di Makassar, Selasa, mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk peran serta prajurit TNI dalam kegiatan kemanusiaan.

"Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 TNI, ada beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan, yang semuanya itu untuk mendekatkan TNI dengan rakyat," ujarnya.

Baca juga: Prajurit Lantamal VI lakukan penanaman 5.000 bibit mangrove

Beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakannya di antaranya donor darah, pengentasan angka kekerdilan pada balita (stunting), pelayanan keluarga berencana (KB), dan pemberian tali asih.

Menurut dia, serangkaian bakti sosial itu bukan hanya dilaksanakan pada menjelang HUT TNI melainkan juga pada momentum lainnya agar masyarakat bisa merasakan kehadiran TNI di tengah-tengah mereka.

Khusus donor darah, kata dia, ratusan prajurit menyumbangkan darahnya melalui PMI Makassar dan nantinya didistribusikan ke pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah.

Baca juga: Prajurit Lantamal VI buka daerah terisolir di Kepulauan Selayar

"Berbagai kegiatan bakti sosial sering dilaksanakan oleh anggota, tetapi jelang HUT TNI ini ada beberapa rangkaian bakti sosial yang semoga itu semua bisa bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Selain donor darah, pada kegiatan bakti sosial ini juga dilaksanakan pencegahan stunting dan perbaikan gizi pada anak-anak di lingkungan Kelurahan Melayu, Totaka, Kaluku Bodoa dan Kampung Bahari Nusantara, Untia serta pelaksanaan pelayanan keluarga berencana metode kontrasepsi jangka panjang untuk 70 akseptor.

Baca juga: Lantamal VI kerahkan personelnya bantu korban banjir bandang

Danlantamal VI Koloner Marinir Amir Kasman mengatakan sebelum kegiatan bakti sosial telah dilaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Makassar, bersama para Panglima Komando Utama (Pangkotama) lainnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022