Banjarmasin (ANTARA) - Puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-496 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tahun 2022 menjadi istimewa karena diberi penghargaan pemecahan rekor edukasi Sasirangan secara hibrida kepada siswa SD dan SMP serentak seluruh Kota Banjarmasin sebanyak 49.600 orang.

Penghargaan dan piala diserahkan langsung Ketua Lembaga Prestasi Indonesia Dunia Paulus Pangka saat digelar acara seremoni peringatan Hari Jadi ke-496 tersebut di Halaman Balaikota Banjarmasin, Rabu.

Piagam penghargaan diserahkan kepada Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Sekdakot Banjarmasin Ikhsan Budiman dan Kadisdik Kota Banjarmasin Nuryadi.

"Sebenarnya dari pantauan kami lebih 49.600 siswa, tapi menyesuaikan angka yang bagus sesuai Harjad kota ini ke-496 tahun," ujar Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia Paulus Pangka.

Baca juga: Banjarmasin gelar lomba desain motif Sasirangan untuk perluas pasar

Baca juga: Sasirangan, permata tersembunyi yang dilirik Sandiaga Uno dan Sarinah


Pihaknya pun mengapresiasi atas kegiatan kreatif dan mengedukasi tersebut, sekalian memberikan kado istimewa bagi Kota Banjarmasin yang Harjad, tepatnya pada 24 September 2022.

Kegiatan edukasi Sasirangan secara daring kepada para siswa ini disampaikan langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi wakilnya H Arifin Noor terkait sejarah kain Sasirangan yang sudah muncul sejak abad ke-12 Masehi.

Menurut Ibnu, pembuatan kain rajut Sasirangan masuk dalam cerita rakyat Negara Dipa atau cerita tentang Putri Junjung Buih yang ingin dipersunting Patih Lambung Mangkurat.

"Setelah Patih Lambung Mangkurat bertapa 40 hari 40 malam di atas rakit balarut banyu (dibawa air sungai) hingga menciptakan sehelai kain yang diberi nama Kain Sasirangan untuk sang putri," ujarnya.

Dulunya kain Sasirangan ini dijadikan perantara untuk pengobatan, hingga tidak sembarangan dibuatnya, tapi seiring waktu menjadi mode yang indah, bahkan kini sudah mulai mendunia.

Karenanya pada setiap Harjad, diselenggarakan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) pada tahun 2022 ini sudah yang ke-6, dimeriahkan para siswa.

Jumlah siswa yang ikut edukasi dan berpakaian sasirangan pada hari ini sebanyak 49.600 dari 236 sekolah, yakni, 187 tingkat SD dan 49 SMP.

Selain menggelar itu, pada Harjad ke-496 ini digelar juga Festival Anggrek Seribu Sungai pada 29 September hingga 1 Oktober di Taman Anggrek Bungas di Screen House Banjarmasin.

Kemudian Banjarmasin Expo pada 28 September hingga 2 Oktober 2022 di Siring Sungai Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.

Selanjutnya, Kemilau Banjarmasin Bungai pada 28 September 2022 di siring sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.*

Baca juga: Banjarmasin tampilkan batik khas Kalsel di Dekra Show

Baca juga: Menperekraf optimis kain sasirangan mampu bangkitkan ekonomi Kalsel


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022