Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Hundirman, mengevaluasi kinerja tenaga kontrak di daerahnya sebelum diperpanjang kontrak kerja pada 2022 sekaligus memberdayakan mereka agar kinerjanya meningkat.

"Evaluasi ini perlu kami lakukan bagi tenaga kontrak baik yang ada di sekretariat maupun di masing-masing organisasi perangkat daerah guna mengetahui hasil kerjanya selama ini," katanya, di Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu lakukan seleksi tenaga kontrak tenaga kesehatan

Ia mengakui, masih terdapat sejumlah tenaga kontrak yang hasil kerjanya tidak memuaskan atau etos kerjanya cukup rendah seperti jarang masuk kantor atau tidak bisa bekerja.
"Tenaga kontrak yang dianggap rendah capaian kerjanya sebelumnya sudah kami panggil untuk mendapatkan pembinaan namun jika tidak berubah terpaksa harus diputus kontrak kerjanya," katanya.

Baca juga: DPRD Surabaya soroti kurang telitinya panitia seleksi pegawai non-PNS

Ia khawatir jika sikap tenaga kontrak dengan etos kerja semacam itu bisa menular kepada teman-temannya yang lain. Tercatat dari ribuan tenaga kontrak di Kabupaten Bangka kata Sekda sebagian besar memiliki kinerja yang baik atau masih layak dipertimbangkan untuk diperpanjang kontrak kerjanya.

"Kami memperdayakan tenaga kontrak untuk membantu tugas aparatur sipil negara sesuai jenjang pendidikan karena terdapat di beberapa dinas yang masih kekurangan jumlah ASN," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekanbaru rekrut 185 tenaga kontrak tangani COVID-19

Ia minta --terutama tenaga kontrak-- agar benar-benar disiplin dalam bekerja membantu ASN, karena mereka termasuk yang beruntung dapat dipercaya menjadi tenaga kontrak pemerintah Kabupaten Bangka.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022