Serikat Karyawan harap Umroh dan Haji gunakan Garuda Indonesia

Serikat Karyawan harap Umroh dan Haji gunakan Garuda Indonesia

Pesawat Garuda Indonesia memasuki area apron saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (9/4/2021). (ANTARA FOTO/Ampelsa/aww.)

Jakarta (ANTARA) - Serikat Karyawan Garuda Indonesia menyarankan kepada pemerintah agar dalam pelaksanaan penerbangan Umroh dan Haji tetap menggunakan maskapai nasional Garuda Indonesia.

"Mengingat mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam dan mayoritas Jamaah Indonesia lebih senang memilih terbang bersama Garuda Indonesia," kata Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty dalam keterangan tertulis yang dipantau di Jakarta, Senin.

Tomy mengatakan, Garuda Indonesia telah memiliki banyak kerja sama Codeshare pada rute internasional dengan beberapa perusahaan penerbangan asing.

Namun demikian, ia meminta agar dalam melaksanakan rencana kerjasama Codeshare antara Garuda Indonesia dengan perusahaan penerbangan asing tersebut tidak untuk penerbangan Jamaah Umroh dan Haji Indonesia.

Baca juga: Garuda Indonesia integrasikan layanan kargo melalui jalur darat

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan karena beberapa pertimbangan di antaranya faktor bahasa, makanan dan keramahan awak kabin Garuda Indonesia.

Adapun dari sisi korporasi, penerbangan Umroh dan Haji selama ini merupakan pasar potensial (captive market) Garuda Indonesia yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan korporasi.

"Atas pertimbangan ini maka kami harap Menteri BUMN dapat mengingatkan Manajemen Garuda Indonesia untuk benar-benar mempersiapkan penerbangan Umroh dan Haji dengan baik," ujarnya.

Tomy menambahkan, karyawan Garuda Indonesia siap memberikan pelayanan terbaik untuk penerbangan Umroh dan Haji seluruh pelanggan setia Garuda Indonesia.

Baca juga: Serikat Karyawan minta BPK lakukan audit forensik Garuda Indonesia

Baca juga: Dukung World Superbike, Garuda tingkatkan layanan penerbangan
Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021