Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Hengki Haryadi menyatakan keamanan di Jakarta Pusat menjelang ibadah tiga hari suci Paskah pada 2-4 April 2021 kondusif.

"Sangat kondusif saat ini dan Polda Metro Jaya termasuk Polres Jakarta Pusat terjadi penurunan tingkat kejahatan. Di saat situasi pandemi ini, justru kejahatan menurun," kata Hengki di Jakarta, Selasa.

Hengki menjelaskan bahwa TNI-Polri akan bersinergi untuk mengadakan patroli gabungan dalam rangka meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, khususnya gereja.

Usai meledaknya bom bunuh diri di areal Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3), pihak Kepolisian terus mempelajari modus-modus yang dilakukan pelaku terorisme.

Polres Metro Jakarta Pusat pun akan menerapkan skrining pada area pintu masuk gereja. Selain itu, pengamanan "body system" serta penempatan pos sementara juga dilakukan di gereja yang melaksanakan ibadah secara tatap muka.

"Khususnya di gereja, kita akan melalukan 'entry screening' yang ketat, baik itu di pintu masuk bagi jamaah. Tentunya tidak boleh ada motor lewat sana," kata Hengki.

Baca juga: TNI-Polri jamin ibadah Paskah tetap kondusif
Baca juga: Polda Metro-Kodam Jaya gelar patroli gabungan


Komandan Kodim (Dandim) 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengatakan bahwa antisipasi dilakukan karena tidak menutup kemungkinan ancaman terorisme terjadi di wilayah Jakarta Pusat

Selain gereja, pengamanan dengan patroli wilayah juga akan dilakukan di sentra-sentra ekonomi.

"Di Jakarta Pusat titik tanggung jawab beratnya ada di gereja. Seluruh tempat ibadah juga akan kita patroli, termasuk sentra ekonomi yang kadang-kadang kita lupa amankan tetap kita amankan," kata dia.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021