Garuda-Pemprov Sulsel kerja sama fasilitasi tes cepat antigen gratis

Garuda-Pemprov Sulsel kerja sama fasilitasi tes cepat antigen gratis

Calon penumpang pesawat melakukan pendaftaran untuk mengikuti tes cepat antigen COVID-19 di area Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (20/12/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Jakarta (ANTARA) - Maskapai nasional Garuda Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mulai Senin (4/1), menyediakan fasilitas layanan tes cepat atau rapid test antigen gratis bagi penumpang Garuda Indonesia yang melakukan penerbangan dari Makassar.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini. Tentunya melalui sinergi yang telah terjalin dengan baik ini kami harapkan dapat semakin meningkatkan kepercayaan dan minat masyarakat untuk senantiasa menggunakan layanan transportasi udara yang aman dan nyaman khususnya bersama Garuda Indonesia,” katanya.

Melalui kerja sama tersebut, penumpang Garuda Indonesia yang akan berangkat dari Makassar dapat memperoleh layanan pemeriksaan rapid antigen secara gratis yang disediakan oleh Pemprov Sulsel untuk memenuhi salah satu persyaratan dokumen perjalanan penumpang.

“Kerja sama ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk melakukan penerbangan, namun lebih dari itu kami percaya sinergitas ini dapat mendorong upaya percepatan pemulihan ekonomi dan sektor pariwisata di Makassar,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya memahami bahwa aktivitas bepergian di masa adaptasi kenormalan baru ini bukan hanya tentang berbagi momen kebersamaan dengan keluarga, namun juga tentang keamanan dan kenyamanan bersama.

“Kami tentunya berharap ketentuan pemeriksaan rapid antigen dapat dimaknai sebagai upaya untuk memastikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara maupun aktivitas pada destinasi tujuan.", papar Irfan.

Menurut dia, dukungan penyediaan layanan rapid antigen sejalan dengan komitmen Garuda menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman dan nyaman melalui berbagai kemudahan aksesibilitas layanan penerbangan di era kenormalan baru selaras dengan upaya penerapan protokol kesehatan yang secara konsisten dijalankan di seluruh touch point layanan penerbangan Garuda.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan bahwa penyediaan rapid test antigen gratis ini diharapkan dapat memberikan keleluasaan bagi masyarakat Makassar yang akan melaksanakan penerbangan bersama Garuda Indonesia guna memenuhi dokumen perjalanan di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Nurdin mengungkapkan bahwa penyediaan layanan rapid antigen untuk penumpang Garuda Indonesia sekaligus menjadi komitmen bersama seluruh pihak guna memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan secara ketat dan konsisten sejalan dengan yang sudah dijalankan Garuda Indonesia pada seluruh lini operasionalnya.

“Kami optimistis kolaborasi ini menjadi langkah berkesinambungan guna memastikan upaya pencegahan penyebaran pandemi berjalan simultan yang turut didukung oleh kesadaran seluruh pihak khususnya masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan," kata Nurdin.

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, layanan rapid antigen gratis atersebut berlaku bagi 50 penumpang setiap harinya.

Para penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan dapat mengakses layanan rapid antigen mulai 4 Januari 2021 di Kantor Penjualan Garuda Indonesia Makassar, Jalan Slamet Riyadi No 6 setiap hari Senin-Jumat pada pukul 09.00 – 15.00 WITA dan hari Sabtu pada pukul 09.00 - 16.00 WITA.

Baca juga: Larangan WNA ke Indonesia, Garuda beri fleksibilitas perjalanan
Baca juga: Garuda Indonesia terbitkan Obligasi Wajib Konversi Rp8,5 triliun
Baca juga: Garuda sambut positif ketentuan swab PCR bagi wisatawan menuju Bali

 

Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021