Makassar (ANTARA) - Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDM) Kementerian Kesehatan membuka penerimaan calon peserta tugas belajar Program gelar ganda (double degree) Universitas Hasanuddin dengan Griffith University Australia tahun 2021.

Plt. Kepala Badan PPSDM Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM, MARS melalui Surat Edaran Nomor Surat: DM.03.01/V/1949/2020 tertanggal 12 November 2020 menjelaskan tentang ketentuan pelaksanaan penerimaan calon peserta tugas belajar program tersebut.

Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam MKes M Med Ed dalam keterangannya di Makassar, Selasa, menyampaikan pembukaan informasi oleh PPSDM membuktikan kepercayaan kepada FKM Unhas untuk meningkatkan mutu SDM kesehatan Indonesia.

“SDM kesehatan yang ikut program double degree ini akan mendapatkan paling tidak tiga keuntungan, yaitu: beasiswa dari kementerian kesehatan dan pemerintah Australia, ijazah dari Unhas, dan ijazah dari Griffith University," katanya.

Baca juga: Unhas dukung peningkatan perwakafan Indonesia

Baca juga: LPPM Unhas tetapkan empat pulau di Pangkep menjadi pulau binaan


"Jadi alumni program ini akan memperoleh gelar Magister Kesehatan Masyarakat dan Master of Global Public Health,” kata Aminuddin.

Program gelar ganda itu sudah berjalan sebelumnya, dimana FKM Unhas telah menerima mahasiswa yang berasal dari staf Kementerian Kesehatan dan jajarannya dan telah dididik di FKM Unhas selama 1 tahun.
Saat ini sedang pemantapan untuk lanjut studi di Griffith University, Australia.

Dekan FKM Unhas menambahkan bahwa Griffith University Australia merupakan mitra yang baik bagi FKM dan Unhas secara keseluruhan. Banyak dosen Unhas yang merupakan alumni dari Griffith University dari berbagai jenjang.

Dosen-dosen alumni Griffith University untuk jenjang master, doktor maupun program short course atau Program Academic Recharging (PAR) bagi mahasiswa S3 yang memperkuat riset (research), literatur dan publikasi mereka.

Pendaftaran secara daring dibuka November 2020-31 Januari 2021, dapat diakses melalui laman http://tubel.bppsdmk.kemkes.go.id. Informasi lebih lanjut untuk proses seleksi penerimaan peserta tugas belajar dapat menghubungi Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan, melalui Bidang Pendidikan Berkelanjutan, email: tubel.kemenkes1@gmail.com.*

Baca juga: Unhas-Badan Keahlian Sekjen DPR kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi

Baca juga: Dua Guru Besar Unhas jadi anggota Komnas Pengkajian Sumber Daya Ikan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020