Eks polisi pelaku pembunuhan Floyd dibebaskan setelah bayar jaminan

Eks polisi pelaku pembunuhan Floyd dibebaskan setelah bayar jaminan

Mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin yang dituduh melakukan pembunuhan tingkat dua dan tiga atas George Flyod terlihat dalam sketsa artis saat menghadiri persidangan melalui konferensi video di Pengadilan Distrik Hennepin, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Senin (8/6/2020). Sidang yang dipimpin Hakim Jeannice Reding memutuskan jaminan atas mantan polisi Minneapolis yang dituduh membunuh warga Afrika-Amerika George Floyd, yang kematiannya memicu protes selama dua minggu, dinaikkan menjadi 1,25 juta dollar AS atau sekitar Rp17,2 miliar tanpa syarat pada sidang hari Senin. ANTARA FOTO/Cedric Hohnstadt Illustration via REUTERS/wsj.

Wilton, Connecticut (ANTARA) - Eks anggota Kepolisian Kota Minneapolis yang didakwa membunuh seorang warga kulit hitam Amerika Serikat, Derek Chauvin, keluar dari penjara setelah membayar uang jaminan sebesar satu juta dolar AS (sekitar Rp14,7 miliar), demikian informasi dari pengadilan.

Chauvin didakwa bersalah atas kasus pembunuhan tingkat dua dan tingkat tiga pada 25 Mei 2020 yang mengorbankan Floyd, 46, setelah pelaku berlutut di atas leher korban selama kurang lebih sembilan menit. Aksi Chauvin yang terekam kamera kemudian viral memantik kemarahan publik yang geram terhadap brutalitas polisi serta rasisme di kepolisian.

Gubernur Minnesota Tim Walz pada Rabu siang meluncurkan Garda Nasional Minnesota untuk membantu aparat penegak hukum di Minneapolis menghadapi potensi aksi massa setelah pembebasan Chauvin.

Penasihat hukum Chauvin, Eric Nelson, menolak menjawab pertanyaan terkait pembebasan itu.

Baca juga: Seorang tewas, 11 terluka dalam penembakan di Minneapolis
Baca juga: Trump: Polisi sebaiknya tidak gunakan teknik mencekik leher


"Jaminan pembebasan Derek Chauvin merupakan ingatan pahit bagi keluarga George Floyd yang masih belum mendapatkan keadilan atas kematian George," kata penasihat hukum untuk keluarga Floyd lewat pernyataan tertulis.

Pengadilan menetapkan jaminan tanpa syarat sebesar 1,25 juta dolar AS atau jaminan dengan syarat sebesar satu juta dolar AS kepada Chauvin. Beberapa syarat yang ditetapkan pengadilan, di antaranya larangan bagi Chauvin untuk bekerja di lembaga penegakan hukum serta larangan untuk menghubungi keluarga Floyd.

Chauvin juga diwajibkan menyerahkan seluruh izin kepemilikan dan penggunaan senjata api.

Dokumen pengadilan menunjukkan Chauvin menyerahkan penangguhan nontunai yang dijamin oleh Allegheny Casualty Company, perusahaan asuransi yang bepusat di Newark, New Jersey.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pengacara ajukan gugatan terhadap Minneapolis dalam kematian Floyd
Baca juga: Trump sebut 'lebih banyak orang kulit putih' terbunuh oleh polisi AS
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020