Antisipasi banjir 50 karung lumpur diangkut dari saluran air di Jaksel

Antisipasi banjir 50 karung lumpur diangkut dari saluran air di Jaksel

Petugas PPSU Kelurahan Pela Mampang membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Jumat (2/10/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 50 karung berisi sampah  dan lumpur sedimentasi diangkut petugas PPSU  dari saluran air untuk mengantisipasi genangan dan banjir di wilayah Kelurahan Pela Mampang, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat.

Pembersihan saluran air dilaksanakan petugas Pekerja Penanganan Sarana Prasarana Umum (PPSU) dengan fokus Jalan Bangka IX dan Jalan Kapten Tandean yang selama ini dikenal   rawan banjir dan genangan.

Baca juga: MRT Jakarta cegah banjir dengan perbesar saluran hingga dirikan tembok

"Pengerukan itu merupakan upaya mengantisipasi terjadinya luapan air yang berakibat terjadinya genangan air di sekitar wilayah," kata Lurah Pela Mampang, Yunaenah.

Kegiatan pengerukan lumpur dan sampah di saluran air ini melibatkan belasan petugas PPSU Kelurahan Pela Mampang.

Menggunakan peralatan seadanya, petugas membersihkan saluran air, mengangkut sampah-sampah dan sedimen lumpur ke permukaan, untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir.

"Hasil pengerukan petugas PPSU mengangkut sekitar 50 karung berisi lumpur, sampah-sampah sedimen dari dalam saluran air tersebut," kata Yunaenah.

Baca juga: Anies galang kekuatan dengan TNI-Polri antisipasi banjir

Yunaenah menambahkan menjelang datangnya musim hujan, Kelurahan Pela Mampang gencar membersihkan gorong-gorong dan saluran air dari sampah dan sedimentasi agar daya tampung semakin luas.

Dia berharap, kegiatan antisipasi banjir dan genangan lewat pengerukan sampah dan sedimen lumpur, dapat diikuti oleh warga di wilayahnya masing-masing dengan cara bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan serta saluran airnya.

"Mudah-mudahan bergotong royong warga bersama-sama membersihkan saluran air dapat mencegah terjadinya genangan, banjir, juga lingkungan jadi bersih," kata Yunaenah.

Baca juga: Sembuh dari COVID-19, Wali Kota Uus sidak masalah banjir di Jakbar

Sementara itu, di tingkat Kota Jakarta Selatan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) juga melaksanakan kegiatan Gerebek Lumpur di saluran-saluran air seperti sungai, kali, waduk dan setu guna memperluas daya tampung menghadapi musim penghujan.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020