Dua ajang otomotif Piala Menpora akan diselenggarakan pada akhir pekan

Dua ajang otomotif Piala Menpora akan diselenggarakan pada akhir pekan

Ketua Pengurus Provinsi IMI Jabar Fachrul Sarman memberikan keterangan pada konferensi pers Piala Menpora 2020 yang berlangsung di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (ANTARA/HO-IMI Jabar)

Jakarta (ANTARA) - Dua ajang otomotif roda dua memperebutkan Piala Menpora 2020 akan diselenggarakan pada akhir pekan, 29 dan 30 Agustus.

Kedua balap tersebut bertajuk Jabar Open Road Race Championship Subang (JORRCS) dan Jabar Open Motocross dan Grasstrack Championship Sumedang (JOMGCS), yang terselenggara berkat kerja sama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudunin Amali menyambut hangat rencana penyelenggaraan kedua ajang tersebut, sembari mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Menpora ingin 2021 jadi tahun pemulihan olahraga nasional

"Protokol kesehatan harus dipatuhi. Jangan sampai menjadi cluster baru," kata Zainudin di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi IMI Jabar Fachrul Sarman berharap penyelenggaraan kedua ajang itu dapat mendorong terciptanya iklim industri olahraga otomotif yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Lewat JORRCS dan JOMGTXCS 2020 ini dapat tercipta iklim kompetisi yang sehat serta menjadi barometer bagi pemilik tim, dan pembalap, juga menjadi media yang tepat bagi pemilik merek untuk mempromosikan produknya, sehingga tercipta industri olahraga otomotif kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Fachrul.

JORRCS dan JOMGTXCS 2020 akan digelar sebanyak 3 putaran. Dipilihnya Subang dan Sumedang sebagai tempat penyelenggaraan karena di kedua tempat itu terdapat banyak komunitas balap road race, motocross, dan grasstrack.

Baca juga: Rangkaian turnamen esports jadi bagian Road to Haornas 2020

JORRCS memperlombakan kelas utama Senior Perorangan dan Beregu, Underbone 150cc. Kemudian kelas utama junior Perorangan & Beregu, serta Underbone 125cc.

Sedangkan untuk JOMGTX memperlombakan kelas utama MX Perorangan & Beregu, MX2, Kelas utama MX Junior Perorangan & Beregu , SE 125cc, kelas utama GTX Senior Perorangan & Beregu, Trail UP TO 155cc. Kelas utama Junior Perorangan dan Beregu junior, Trail up to 155cc.

"Melalui JORRCS & JOMGTXCS 2020, insya Allah akan menjadi salah satu bentuk pembinaan atlet muda di Indonesia, khususnya di Jabar lewat kompetisi dimana dibuka kelas utama junior. Dilihat dari kelas-kelas tersebut, event ini bisa dibilang juga sebagai road to PON dan PORDA 2021,” tutup Fachrul.

Baca juga: Kemenpora dan IESPL gelar Piala Menpora Esports 2020 Axis kala pandemi
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020