Pemberian ASI dinilai penting tingkatkan imunitas bayi saat pandemi

Pemberian ASI dinilai penting tingkatkan imunitas bayi saat pandemi

Tangkapan layar konselor laktasi dr Ameetha Drupadi CIMI (ANTARA/HO- Dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Konselor laktasi dr Ameetha Drupadi CIMI mengatakan pemberian air susu ibu (ASI) penting untuk meningkatkan imunitas bayi, terutama pada saat pandemi COVID-19 di Tanah Air saat ini.

"ASI mengandung antibodi, enzim dan sel darah putih yang sangat baik bagi bayi. Pemberian ASI pada bayi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi," ujar Ameetha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Ameetha yang juga berbicara pada peluncuran ASI Booster Herba Asimor itu menambahkan ASI mengandung nutrisi yang mendukung bayi terhindar dari berbagai penyakit.Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan ASI bisa mencegah maupun menyembuhkan COVID-19.

Baca juga: Cara khusus Pandji Pragiwaksono bantu istri lancar menyusui

Ibu menyusui yang terinfeksi COVID-19, lanjut dia, masih bisa menyusui anaknya karena virus yang menginfeksi saluran pernafasan itu tidak ditransmisikan melalui ASI.

Dalam proses menyusui, peran dan dukungan dari ayah sangat penting. Seorang ayah diharapkan aktif dalam mengambil keputusan, mempunyai sikap yang positif, mempunyai pengetahuan yang luas tentang keuntungan menyusui, dan memiliki inisiatif untuk mendekatkan diri dengan bayi melalui kehadirannya saat proses persalinan dan kontak lebih dekat dengan bayi yang baru lahir.

Baca juga: Peneliti LIPI: RUU Ketahanan Keluarga tumpang tindih dengan UU lain

"Ayah juga hendaknya mampu memberikan perhatian kepada istri yang sedang dalam masa menyusui misalnya dengan melakukan pijatan punggung. Hal itu bermanfaat untuk meningkatkan hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI," terang dia.

Peneliti dari Lembaga Riset Obat Moders Asli Indonesia (OMAI) Dr Raymond Chandrawinata mengatakan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar. Untuk meningkatkan produksi ASI dapat menggunakan kandungan ekstra daun katuk, torbangun hingga ikan gabus. Semua itu terkandung dalam Asimor.

Baca juga: AIMI: percaya diri ibu kunci keberhasilan menyusui

 
Pewarta : Indriani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020