Kapolda Sumbar minta siswa bintara jaga netralitas

Kapolda Sumbar minta siswa bintara jaga netralitas

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto memberikan arahan kepada ratusan siswa SPN Polda Sumbar Padang Basi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Sumatera Barat pada Jumat (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto meminta ratusan siswa bintara yang tengah menjalani pendidikan (Diktukba) di SPN Padang Besi Polda Sumbar agar mampu menjadi polisi yang menjaga netralitas dalam pilkada serentak di daerah itu nantinya

"Kami berharap siswa ini mampu mandiri dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota Polri," kata dia di Padang, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 220 siswa ini akan dilantik pada Senin (2/3) mendatang menjadi anggota kepolisian.

Menurut dia para siswa ini juga akan bertugas mengamankan pelaksanaan pilkada di 13 kota dan kabupaten di Sumbar dan satu pilkada gubernur.

"Mereka harus mampu bekerja profesional karena telah menjalani pendidikan kepolisian," kata dia

Selain profesional, mereka juga diminta mampu menerapkan program promoter kepolisian yakni profesional, moderen dan terpercaya

"Siswa ini harus mampu beradaptasi dengan zaman dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman atau kekinian dalam menjalankan tugasnya," kata dia.

Sementara itu Kepala SPN Polda Sumbar Kombes Pol Rifki Piliang menyebutkan pada tahun ini SPN mendidik 220 siswa yang terdiri dari petugas umum sebanyak 184 orang, 16 bintara “talentscouting”dan 20 orang bintara khusus titipan dari Pusdik Brimob.

“Mereka telah menjalani pendidikan dan akan dilantik menjadi personel Polri pada Senin (2/3),” kata dia

Selain itu Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta pejabat utama Polda Sumbar meresmikan gapura SPN Polda Sumbar yang berada di Padang Basi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang Sumatera Barat pada Jumat (28/2).

Baca juga: KPU Agam hanya terima satu berkas dukungan calon perseorangan

Baca juga: KPU Sumbar: Surat dukungan Fakhrizal-Genius Umar penuhi syarat

Baca juga: KPU Sumbar catat berkas 13 calon perseorangan dinyatakan diterima

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020