Menteri PPPA sebut Forum Anak permudah tanggung jawab pemerintah

Menteri PPPA sebut Forum Anak permudah tanggung jawab pemerintah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, memberikan keterangan kepada wartawan di Bandara El Tari Kupang, Rabu, saat melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. ANTARA/Aloysius Lewokeda/pri. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengatakan Forum Anak yang aktif di seluruh Indonesia dapat mempermudah tanggung jawab pemerintah dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak.

"Bila Forum Anak dapat menggeliat maju memperjuangkan hak-hak anak di seluruh Indonesia, 50 persen tanggung jawab Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak akan dengan mudah kita wujudkan," kata Bintang melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Bintang meminta anak-anak ikut mendukung dan bersinergi mewujudkan pemenuhan hak anak melalui Forum Anak. Salah satu Forum Anak yang aktif di Indonesia ada di Jawa Tengah, khususnya Forum Anak Kota Surakarta.

Baca juga: Menteri PPPA deklarasi sekolah ramah anak di Kabupaten TTS

Karena itu, Bintang berharap Forum Anak Jawa Tengah, khususnya Forum Anak Kota Surakarta, bisa menjadi contoh model bagi Forum Anak yang lain di seluruh Indonesia.

Bintang juga memuji Pemerintah Kota Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada Forum Anak untuk menyuarakan pendapat dalam musyawarah perencanaan pembangunan.

"Itu artinya anak-anak sudah dilibatkan dalam proses pembangunan di Jawa Tengah, khususnya di Kota Surakarta," tuturnya.

Menteri Bintang hadir dalam acara Peringatan Hari Anak Sedunia dan 30 Tahun Konvensi Hak Anak yang diadakan di Kota Surakarta. Dalam acara tersebut, Bintang bertemu dan berdialog dengan 150 anak yang tergabung dalam Forum Anak Kota Surakarta dan Forum Anak Jawa Tengah.

Hari Anak Sedunia diperingati setiap 20 November, yang dimulai sejak penandatanganan Konvensi Hak Anak pada 1989. 

Baca juga: Mempersiapkan pemimpin masa depan melalui Forum Anak
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019