Gubernur Papua dorong pemulihan korban kerusuhan Wamena

Gubernur Papua dorong pemulihan korban kerusuhan Wamena

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memberikan ucapan selamat HUT TNI ke 74 kepada Pangdam XVII Trikora Mayjen TNI Herman Asaribab di Jayapura, Sabtu (5/10) (Dok.Humas Polda Papua)

Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua, Lukas Enembe mendorong pemulihan korban kerusuhan Wamena dengan mendorong pembangunan secara darurat.

Penyampaian Gubernur Papua itu diungkapkan saat rapat kerja terbatas (Rakertas) dengan Forkopimda terkait Wamena, kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw seusai menghadiri HUT TNI ke 74 di Makodam XVII Cenderawasih di Jayapura, Sabtu.

Menurutnya, dalam rakertas yang dihadiri Forkopimda diantaranya Pangdam XVII Cenderawasih, Gubernur Papua mendukung pemulihan Wamena dengan membangun kembali rumah atau ruko warga agar para pengungsi kembali dari pengungsiannya.

Baca juga: Papua terkini - Wiranto akui pengungsi Wamena masih trauma

Walaupun bangunan yang akan dibangun nantinya darurat namun warga kembali ke rumah atau rukonya yang sempat ditinggalkan saat kerusuhan Senin (23/9).

“Aparat keamanan mendukung langkah tersebut dengan menjaga keamanan guna memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat,” kata mantan Kapolda Sumut ini.

Irjen Pol Waterpauw yang menjabat kembali sebagai Kapolda Papua kedua kalinya mengatakan saat ini sudah menempatkan sekitar 400-an personil Brimob di Wamena dan wilayah itu perlahan mulai kondusif.

Baca juga: Kondisi Wamena mulai kondusif, Mensos imbau warga tidak eksodus

Karena itu pihaknya berharap agar pengungsi segera kembali ke Wamena dan daerah lain di sekitarnya, harap dia.

Kerusuhan di Wamena, Senin (23/9) menewaskan 32 orang serta 72 orang lainnya luka-luka, ratusan rumah, ruko dan kantor pemerintah dibakar serta dirusak pendemo.

Baca juga: Pasien korban demonstrasi anarkis Wamena dapat Jaminan KPS
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019