Sri Purnomo buka Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival

Sri Purnomo buka Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival

Bupati Sleman Sri Purnomo membuka secara resmi "Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival. Foto Antara/HO/ Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo, resmi membuka Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) di Pendopo Agung Ambarukmo, Jumat malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman dan penyerahan pataka kepada delapan Mal yang ada di Yogyakarta yang menjadi simbol kegiatan tersebut akan berjalan estafet selama satu bulan dimulai 27 September hingga 27 Oktober 2019.

Adapun pagelaran pertama dilaksanakan di Plaza Ambarukmo Hotel dengan bertajuk The Taste of Harmony, diselenggarakan pada 27 hingga 29 September 2019 di Pendopo Agung Ambarukmo.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap dengan kegiatan tersebut dapat berdampak untuk pelaku UMKM sehingga terus menghasilkan produk yang berkualitas.

Selain itu diharapkan agar dapat memperkenalkan beragam potensi kuliner khas Indonesia dalam berbagai menu olahan tradisional yang tidak kalah dari produk pangan impor maupun instan, baik dari segi harga maupun kualitas kesehatan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun citra, dan mengenalkan kembali jenis kuliner Indonesia kepada masyarakat sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan ragam kuliner khas yang berkualitas," katanya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan yang sangat menarik tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara.

"Hal tersebut sejalan dengan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, kunjungan wisatawan ke Sleman pada 2018 meningkat sebesar 18,06 persen yaitu dari 7.226.595 wisatawan pada tahun 2017 menjadi 8.531.738 wisatawan.

"Kami menargetkan pada 2019 ini kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman dapat mencapai 10 juta wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, hal ini didukung dengan berbagai upaya promosi yang dilakukan baik oleh Pemerintah Kabupaten Sleman baik melalui Dinas Pariwisata ataupun dengan berbagai kerja sama dengan pihak lain dalam melakukan promosi pariwisata.

Baca juga: Promosi masakan Indonesia di mancanegara, autentik atau fusion?

Baca juga: Endeus Festival hadir untuk para pencinta makanan pada Oktober

Baca juga: Mie Seruit kreasi kuliner tradisional hadir di Festival Karakatau 2019

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019