Lampung didorong bisa lahirkan atlet balap sepeda berprestasi

Lampung didorong bisa lahirkan atlet balap sepeda berprestasi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (batik) bersama Ketua Umum ISSI Raja Sapta Oktohari, di Bandarlampung, Jumat(20/9/2019). ANTARA/HO/ISSI Lampung

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong Ikatan Sport Sepeda Indonesia ( ISSI) Provinsi Lampung dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi setempat untuk bisa melahirkan atlet balap sepeda berprestasi .

"Sinergitas antara program ISSI dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Apalagi potensi SDM yang tidak kalah dengan daerah lain. Begitu juga lokasi untuk memaksimalkan kemampuan," kata Arinal saat menghadiri pelantikan pengurus ISSI Provinsi Lampung periode 2019-2023, di Bandarlampung, Jumat.

Baca juga: Tekad balap sepeda tingkatkan eksistensi dikancah internasional

Gubernur juga menyampaikan bahwa merupakan keharusan bagi Pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten/kota untuk membangun olahraga prestasi dengan mengoptimalkan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan.

Caranya melalui tersedianya sarana, prasarana dan sumber daya manusia keolahragaan yang cukup serta dengan mengedepankan pendekatan yang tepat dan progresif.

"Oleh karena itu untuk mewujudkan kejayaan olahraga di Lampung saya bertekad untuk membangun sport center (pusat olahraga) yang bertaraf nasional bahkan internasional. Fasilitas olahraga akan diperbaiki dan diperbanyak. Tidak lupa kita akan mendorong kemajuan KONI sebagai wadah bernaungnya berbagai cabang olahraga ," katanya menambahkan.

Gubernur juga menyampaikan harapannya agar ISSI senantiasa dapat mendukung program- program pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, melalui kegiatan kegiatan yang telah diprogramkan.

"Saya berharap ISSI dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat merangkul komunitas pesepeda yang tersebar di Provinsi Lampung. Sehingga semua komunitas dapat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan ISSI, seperti fun bike maupun festival yang melibatkan para klub-klub sepeda di Lampung," kata Gubernur menjelaskan.

Baca juga: ISSI tepis rumor bahwa balap sepeda dicoret untuk PON 2020

Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari menambahkan, meskipun ISSI Lampung baru berdiri tetapi komunitas sepeda di Lampung sudah banyak. Pelantikan hari ini hanya bersifat seremonial dan tugas utama setelah pelantikan adalah menyiapkan atlet-atlet balap sepeda.

"Tidak hanya itu pengurus juga diharapkan menyiapkan venue, event, hingga commissaire. Untuk commissaire dibutuhkan kapasitas yang mumpuni dan mampu berbahasa asing. Sehingga kita dapat terus mengupgrade status kita ke level yang lebih tinggi," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengprov ISSI Lampung periode 2019–2023 Richard Tanoto menyampaikan komitmennya untuk berupaya semaksimal mungkin akan mendukung program Gubernur Arinal.

"ISSI Lampung akan bahu membahu bersama pemprov untuk memajukan olah raga sepeda di Lampung dan berjaya bersama Pemerintah Provinsi Lampung,” kata Richard.

Pelantikan tersebut mengukuhkan pengurus ISSI dengan Ketua Umum Richard Tanoto, Wakil Ketua I Zaenal Asikin, Wakil Ketua II Budhi Darmawan, Wakil Ketua III Lilyana Ali, Sekretaris UMUM Robby Satya, Wakil sekretaris Umum I Hendri Sudjoko, Wakil sekretaris Umum II Jeffry Tjenderasa, Bendahara Umum Jap Soerjanto, Wakil Bendahara Umum I Handry Kurniawan, Wakil Bendahara Umum II Vania Carisa Wanta.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua KONI Lampung Yusuf S, Barusman, Forkopimda Provinsi Lampung dan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Baca juga: Balap sepeda bidik dua emas pada SEA Games 2019
 
Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019