Pemerintah Thailand berikan perhatian bagi muslim di Pattani

Pemerintah Thailand berikan perhatian bagi muslim di Pattani

Tokoh agama Islam asal Pattani, Ismail Ishaq Benjasmith saat memberikan keterangan pers, di Pusat Perhimpunan Warga untuk Perdamaian, Pattani, Thailand, Rabu (4/9/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Thailand (ANTARA) - Negara Thailand yang mayoritas beragama Buddha memberikan perhatian yang sangat besar bagi umat muslim yang berada di Thailand bagian selatan, khususnya Pattani.

"Pemerintah Thailand memberikan kebebasan kepada seluruh umat Islam di Thailand selatan untuk menjalankan ibadahnya, khususnya Pattani yang mayoritas beragama Islam," kata tokoh agama Islam Pattani, Ismail Ishaq Benjasmith, di Pusat Perhimpunan Warga untuk Perdamaian, Pattani, Thailand, Rabu.

Bahkan lanjut dia, pemerintah Thailand, khususnya kerajaan juga memberikan bantuan kepada seluruh pondok pesantren yang ada di Pattani dan provinsi Thailand selatan lainnya, seperti Yala dan Narathiwat.

"Pondok pesantren yang mengajarkan ilmu agama dan ilmu akademik (ilmu pengetahuan lainnya) akan diberikan bantuan dana dari kerajaan," kata Ismail yang memahami sejarah peradaban Islam di Thailand selatan.

Namun, lanjut pria kelahiran Pattani ini, pondok pesantren yang hanya mengajarkan ilmu agama mendapatkan bantuan dana secara swadaya atau mandiri.

Selama ini, hubungan antara pemerintah Thailand dan umat Islam di Pattani berlangsung baik. Demikian juga, hubungan umat Islam dan umat Budha di Pattani.

"Masyarakat beragama Islam dan Buddha selalu hormat menghormati. Selama ini hubungan terjalin dengan baik," kata Kepala Kampung Barahom, Pattani, Husein bin Ismail.

Bahkan, kata dia, setiap acara yang digelar oleh umat Islam, masyarakat Budha selalu ikut bersama. Begitu juga sebaliknya.

"Tidak ada perbedaan sikap antara kami (umat Islam) dengan umat Budha," ujarnya.

Pemerintah Thailand pun juga memberikan perhatian khusus bagi umat Islam di Pattani, salah satunya dengan memberikan bantuan atau dana hibah kepada pondok pesantren serta memberikan beasiswa kepada pelajar muslim yang tidak mampu, yakni sekitar 13.000 bath/orang/tahun.

Bahkan, pemerintah Thailand juga memberikan bantuan kepada imam-imam masjid sebesar 3.000 bath/bulan dan guru taman kanak-kanak sebesar 8.000 bath/bulan.
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019