Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban mengimbau masyarakat agar mewaspadai bencana yang sering terjadi pada musim kemarau, seperti kebakaran.

"Kebakaran hutan, lahan maupun pemukiman sangat rawan terjadi saat musim kemarau," ujar Lomban di Bitung, Rabu.

Untuk itu, kata Lomban, kewaspadaan harus terus ditingkatkan untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya peristiwa kebakaran. Hal tersebut dapat terwujud lewat kerja sama seluruh elemen masyarakat kota Bitung untuk bersama-sama menjaga dan menahan diri agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Dia mengingatkan masyarakat harus berhati-hati saat menggunakan peralatan elektronik yang menimbulkan energi panas seperti Setrika, Rice Cooker dan pastikan kondisi instalasi listrik aman terlebih saat meninggalkan rumah.

Lomban mengatakan jangan membakar sampah, karena sisa api ataupun bahan yang mudah terbakar lainnya yang masih menyala akan memicu kobaran api yang lebih besar ketika ditiup angin," katanya.

"Kesadaran akan bahayanya hal-hal yang memicu terjadinya kebakaran sejak dini akan menghindarkan kita dari berbagai bencana yang tidak kita inginkan," katanya.

Baca juga: Pemprov Sulut terus awasi lokasi rawan Karhutla
Baca juga: Kebakaran lahan terjadi di tiga kawasan gunung Sulut
Baca juga: Kebakaran Timpa Dua Rumah


 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019