Argentina tangkap pengusaha di pusat skandal korupsi Meksiko

Argentina tangkap pengusaha di pusat skandal korupsi Meksiko

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berpidato kepada pendukungnya di Merida,Yucatan, Meksiko, Sabtu (22/6/2019). ANTARA FOTO/Press Office Andres Manuel Lopez Obrador/Handout via REUTERS/djo/ama

Mexico City (ANTARA) - Pemerintah Argentina dan Interpol pada Jumat (16/8) menahan seorang pengusaha yang menjadi pusat skandal korupsi di Meksiko pada 2004 yang mencoreng reputasi Andres Manuel Lopez Obrador.

Pengusaha Argentina yang ditangkap tersebut, Carlos Ahumada, direkam pada 2004 memberi beberapa gepok uang kepada sekutu utama Lopez Obrador, saat itu menjadi wali kota Mexico City dan sekarang menjadi presiden nasional, di Dewan Kota, Rene Bejarano. Dukungan buat Lopez Obrador pada saat itu dinodai oleh skandal suap tersebut.

Baca juga: Mantan wakil presiden Argentina dibebaskan dari tuduhan korupsi

Ahumada ditahan atas permintaan pemerintah Meksiko dan satu proses untuk mengekstradisi dia ke Meksiko akan segera dimulai, kata kantor Jaksa Agung Meksiko (FGR) di dalam satu pernyataan, sebagaimana dilaporkan Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

FGR menyatakan kantor itu mencurigai Ahumada melakukan penggelapan pajak sebesar 1,47 juta pes (74.910 dolar AS). Pada 2004, para penyelidik ingin menanyai dia sehubungan dengan dana masyarakat yang hilang sebesar tiga juta dolar.

Lopez Obrador, yang memangku jabatan pada Desember, telah membuat perang melawan korupsi sebagai tonggak pemerintahnya.

Baca juga: Argentina bekukan aset Hizbullah, nyatakan organisasi teroris

Baca juga: Presiden Argentina dan pesaing luncurkan iklan kampanye Pilpres


Sumber: Reuters
Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019