Perusahaan cat asal Indonesia, Pasific Paint, membuat sejumlah mural islami di Pondok Pesantren Sirnarasa, Ciamis, Jawa Barat.

"Kami membuat beberapa mural di pesantren ini, untuk menambah keindahan di kawasan religi ini," ujar Kepala Pemasaran Pasific Paint, Ricky Soesanto, di Ciamis, Kamis.

Dia menambahkan pembuatan mural itu juga diiringi pengecatan sejumlah bangun di pondok pesantren tersebut, mulai dari ruang kelas, asrama putra dan putri, serta bangunan lainnya.

Pengecatan memakan waktu selama satu bulan dengan menghabiskan cat lebih dari 3.000 liter.

Ricky menambahkan pengecatan bangunan tersebut semakin memperindah kawasan wisata religi yang terletak di kaki gunung itu.

"Ini merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab sosial kami," ujar dia.

Setiap bulan, 3.000-5.000 orang datang ke pondok pesantren yang dipimpin Syekh Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodri QS atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Aos itu.

Selain itu, diselenggarakan Festival Religi yang berlangsung pada 12 Juni hingga 13 Juni. Festival Religi dimulai dengan karnaval seni dan budaya dengan menampilkan berbagai kearifan lokal, seperti bazar makanan khas Tasikmalaya, kerajinan tangan, serta hasil pertanian.

Festival Religi itu juga menggambarkan ragam budaya tradisional dan kesenian masyarakat berbasis keislaman yang dikemas secara modern sebagai upaya untuk berinovasi dalam menyampaikan syiar Islam.

Baca juga: Wisata religi di Pesantren Sirnarasa Ciamis capai ribuan pengunjung

Baca juga: Pesantren Sirnarasa Ciamis gelar festival religi

 

Pewarta: Indriani

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019