PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB menyiapkan dana likuiditas sekitar Rp9,17 triliun terkait Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau Lebaran 2019 dan dana itu akan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor bank bjb di seluruh Indonesia.

"Kebutuhan dana masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah diperkirakan akan melonjak. Dan dalam rangka mengantisipasi lonjakan tersebut Bank BJB mempersiapkan dana likuiditas selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB M As’adi Budiman di Bandung, Minggu.

Adi mengatakan distribusi dana likuiditas selama Ramadan dan Idul Fitri ini dilakukan guna menunjang kebutuhan uang masyarakat yang diprediksi mengalami kenaikan dari segi volume transaksi maupun pengambilan uang tunai dan distribusi likuiditas dilakukan secara bertahap dan berfokus pada kota tujuan mudik.

"Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dana yang siap dicairkan untuk memenuhi kebutuhan lebaran," kata Adi.

Ia mengatakan Bank BJB juga menerima layanan penukaran uang selama bulan Ramadhan 1440 H di seluruh jaringan kantor bank ini dan Bank BJB juga bekerja sama dengan KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah menunjuk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung secara khusus melayani penukaran uang. 

Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, Kantor Cabang yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang Daan Mogot, Kantor Cabang Gajah Mada, Kantor Cabang Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, Kantor Cabang Kebayoran Baru, Kantor Cabang Rasuna Said, Kantor Cabang Rawamangun, Kantar Cabang S Parman, Kantor Cabang Saharjo dan Kantor CabangTangerang Selatan.

Menurut dia sebagai bank sentral, BI akan menggandeng sejumlah bank, termasuk Bank BJB dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas untuk wilayah Bandung dan Jakarta. 

Mobil Layanan Kas ini dapat ditemui di Lapangan IRTI Monas pada tanggal 13 hingga 29 Mei 2019, Monumen Perjuangan Bandung 21 dan 23 Mei 2019, Halaman Parkir Balaikota Bandung 28 Mei 2019 dan Asia Afrika di Jalan DR Ir Sukarno pada 29 Mei 2019. 

Kegiatan penukaran uang juga dilaksanakan di semua kantor cabang Bank BJB yang tersebar di seluruh Indonesia dan layanan ini juga sejalan dengan upaya pihak regulator dalam hal clean money policy dan mencegah peredaran uang palsu.

Adi menuturkan untuk menyesuaikan layanan selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1440 H, Bank BJB akan tetap membuka kegiatan operasional di luar hari kerja operasional pada tanggal 1, 2, 3, 4, dan 7 Juni 2019. 

"Cakupan pelayanan yang dilakukan yakni untuk transaksi setor tunai, tarik tunai, angsuran kredit dan customer request," kata dia.

Sementara itu, pada tanggal 1 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 120  jaringan kantor yang tersebar di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Bandung.

Kemudian di Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bogor.

Lalu di Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, Kota Bandar Lampung, Kota Palembang, Kota Batam Kota Pekanbaru, Kota Medan, Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Banjarmasin.

Sementara pada tanggal 2 Juni, pelayanan kepada nasabah dibuka di 24 jaringan kantor bank bjb yang ada di beberapa daerah, di antaranya Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. 

Selain itu pada tanggal yang sama juga dilaksanakan layanan Weekend Banking yang dilaksanakan oleh Kantor Cabang Buah Batu Bandung, Kantor Cabang Pembantu Sudirman Bogor, Kantor Cabang Pembantu HZ Mustofa Tasikmalaya, KCP Gunungsari Cirebon, Kantor Cabang Khusus Banten Serang, Kantor Kas ITC BSD Tangsel.

Lebih lanjut ia mengatakan pada tanggal 3 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 132  jaringan kantor yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

"Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi untuk berbagai keperluan, berupa informasi rekening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan layanan perbankan lainnya. Layanan ini memberikan kenyamanan dan keamanan kepada nasabah terutama yang melaksanakan mudik lebaran," kata Adi.
 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019