Cianjur (Antaranews Jabar) - Warga keturunan Tionghoa di Cianjur, Jawa Barat, berharap tahun baru Imlek 2019, Cianjur dan Indonesia pada umumnya tetap kondusif dan aman terutama untuk situasi politik.

Pengurus Vihara Bhumi Pharsjia Cianjur, Uun di Cianjur Selasa, mengatakan tahun baru Imlek 2578 merupakan tahun babi tanah yang melambangkan tahun cinta, kasih sayang dan harapan, sehingga mereka berharap pemilu kali ini berjalan sesuai dengan keinginan.

"Tentunya kita berharap kebaikan disetiap tahun, namun saat ini merupakan tahun politik dan masa kampanye dapat berjalan dengan lancar, perlu dijaga agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap utuh," terangnya.

Ia menyebutkan, setelah perayaaan tahun baru Imlek dalam 20 hari kedepanya akan diadakan perayaan cap gomeh. "Sebelum melakukan perayaan cap gomeh, kami akan berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat," ujarnya.
 
Warga keturunan Tionghoa bersembahyang di Vihara Bhumi Pharsjia Cianjur, Jawa Barat, Selasa. (Foto Antara Jabar/Ahmad Fikri)

Sementara Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah mengatakan pada perayaan Imlek kali ini, hanya tiga dari lima vihara di Cianjur yang melakukan perayaan dan beberapa rangkaian kegiatan.

"Masing-masing vihara yang ada di Cianjur dijaga sebanyak 50 personil anggota Polres Cianjur dan dibantu personil TNI Kodim 0608/Cianjur serta anggota ormas," lanjutnya.

Menjelang perayaan Imlek 2019, pihaknya telah melakukan pengecekan ke sejumlah vihara untuk memastikan keamanan agar perayaan Imlek berjalan dengan aman dan nyaman terutama bagi warga keturunan Tionghoa di Cianjur.

Baca juga: Laura Basuki berduka, putuskan tak rayakan Imlek

Baca juga: Polres Cianjur terjunkan 200 personel amankan Imlek

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019