Bandung (Antaranews Jabar) - Perempuan berbobot sekitar 150 kg asal Desa Cibalongsari, Kabupaten Karawang, bernama Sunarti, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr Hasan Sadikin Bandung, pada Kamis (31/1) malam.

"Untuk laporan tadi dari para dokter yang sudah memeriksa pasien tersebut, kondisi pasien tersebut baik memang ada sedikit keluhan sesak. Sesaknya kemungkinan karena fisik, mekanik," kata Plh Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung dr Yana Ahmad Supriatna di Kota Bandung, Jumat.

Dia mengatakan saat ini secara medis kondisi pasien asal Kecamatan Klari itu belum dikategorikan pasien gawat darurat yang mengharuskan pihak rumah sakit untuk melakukan tindakan medis tertentu.

Baca juga: Bobot Arya Obesitas Turun 4 Kg Berkat Diet di RSHS

Menurut dia, dugaan sementara penyebab pasien menderita obesitas karena terlalu banyak mengonsumsi obat steroid yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri.

"Memang prinsipnya kalau orang gemuk itu karena asupan makanan. Namun dia bercerita dikarenakan mengonsumsi obat," kata dr Yana.

Belum ada kepastian tentang berapa lama perawatan medis yang harus diberikan RSHS Bandung untuk Sunarti.

"Hari ini kan baru dilakukan beberapa pemeriksaan. Kalau untuk dokter bedah perut juga sudah melakukan pemeriksaan, namun belum kebutuhan untuk suatu tindakan," kata dia.

Baca juga: DPRD: Posyando Cegah Anak Terkena Obesitas

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019