Majalengka (Antaranews Jabar) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharapkan pengoperasian layanan penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang berada di Kabupaten Majalengka bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Alhamdulilah berkat koordinasi yang baik dengan Gubernur, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, dan hasil kajian Garuda, hari ini dilaksanakan penerbangan perdana rute Kertajati - Tanjung Karang-Palembang pp," kata Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa di Majalengka, Selasa.

Iwa mengapresiasi penerbangan perdana yang dilakukan Garuda Indonesia di Bandara Kertajati atau BIJB karena konektivitas mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi baru.

Pmbukaan rute penerbangan baru ini, katanya, selain meningkatkan aksesibilitas transportasi udara dari dan ke Jawa Barat, juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Jawa Barat.

"Pada dasarnya pariwisata menjadi sektor yang dapat mempercepat peningkatan ekomoni daerah, bahkan dapat memberikan multuplier effect pada sektor lain," ujar Iwa.

Sementara itu Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah menuturkan diperkenalkannya layanan penerbangan terbaru Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Kertajati tersebut sejalan dengan komitmen pengembangan jaringan penerbangan nasional Garuda Indonesia.

"Kami mendukung komitmen pemerintah dalam memperluas akses konektivitas penerbangan nasional khususnya melalui Bandara Internasional Kertajati," katanya.

Dia melanjutkan hadirnya layanan penerbangan rute Kertajati - Lampung - Palembang pp dan Kertajati - Balikpapan - Tarakan pp tersebut tentunya diharapkan dapat mendukung upaya percepatan peluang kawasan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat bagian Timur dan sekitarnya.

Ilham menambahkan rute penerbangan Kertajati - Tanjung Karang akan dilayani dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang yang beroperasi sebanyak 3 kali seminggu (selasa, Kamis dan Sabtu).

Penerbangan Kertajati - Lampung berangkat dari Bandara Kertajati pada pukul 09.50 WIB waktu setempat dan tiba di Lampung pada pukul 11.00 WIB yang kemudian melanjutkan penerbangan ke Palembang pada pukul 11.30 WIB.

"Penerbangan Palembang - Tanjung Karang akan diberangkatkan pukul 06.40 WIB waktu setempat yang kemudian akan melanjutkan penerbangan Tanjung Karang - Kertajati yang akan berangkat dari Lampung pada pukul 08.10 WIB dan tiba di Bandara Internasional Kertajati pada pukul 09.20 WIB," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018