Cianjur (Antaranews Jabar) - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispapora) Cianjur, Jawa Barat, segera melakukan penataan Pantai Apra di Kecamatan Sindangbarang.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menunjang keberadaan sejumlah pantai yang selama ini menjadi tempat favorit wisatawan domestik dari berbagai wilayah di Jabar dan mancanegara.

Sekretaris Dispapora Cianjur, Munajat pada wartawan Minggu, mengatakan Detail Engineering Design (DED) terrkait penataan Pantai Apra sudah dibuat tinggal pelaksanaan pembangunan.

"Kami akan membangun sarana dan prasarana penunjang di Pantai Apra, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai selatan Jabar, meskiupun terkendala berbagai hal," katanya.

Ia menambahkan selama ini kendala tersebut diantaranya pemanfaatan lahan yang selama ini banyak ditempati warga meskipun statusnya milik Pemkab Cianjur.

"Mereka tidak akan terusir tapi penataan akan mengedepankan kearaifan lokal, dengan tujuan roda perekonomian warga ikut meningkat kalau wisatawan banyak berdatangan," katanya.

Ia menuturkan Kabupaten Cianjur memiliki banyak tempat wisata alam yang menjadi unggulan untuk menarik perhatian wisatawan, namun selama ini keberadaannya belum tertata kelola dengan baik.

Bahkan tambah dia, Cianjur juga memiliki tempat wisata budaya religi seperti destinasi wisata Dalem Cikundul di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon dan Makam Eyang Gunungjati di Kecamatan Cilaku.

Sampai saat ini Pemkab Cianjur, memiliki 27 destinasi wisata yang dikelola pemerintah daerah dan dikelola pihak swasta dengan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya mencapai 1,7 juta orang.

"Selama kurun Januari-Oktober angka kunjungan mencapai 1,7 juta orang terdiri dari wisatawan domestik dan mancanegara. Harapan kami tahun depan dapat lebih meningkat," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018